Energi Listrik Terbarukan dari Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit

Main Article Content

Purnama Irwan

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan cara studi literatur dengan mengambil contoh di Provinsi Riau. Dari penelitian ini akan diketahui perkiraan potensi energi listrik terbarukan yang dapat dihasilkan oleh limbah-limbah cair pabrik kelapa sawit. Pengumpulan data dilakukan dari berbagai sumber yang berhubungan dengan penelitian ini. Data –data tersebut diolah untuk dianalisa sehingga dapat ditentukan  potensi energi listrik terbarukan yang dihasilkan oleh limbah cair tersebut. Adapun perhitungan yang dilakukan adalah menentukan jumlah bahan baku TBS yang diolah oleh PKS-PKS di Riau, menentukan jumlah limbah cair yang di produksi, menentukan nilai COD, menentukan jumlah metana yang diproduksi, dan terakhir menentukan energi listrik yang dapat dihasilkan dari limbah cair PKS-PKS tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan dalam merancang pembangkit listrik tenaga biogas (PLTBg) di Provinsi Riau, sehingga kekurangan energi listrik di Riau dapat teratasi terutama untuk daerah-daerah terpencil yang ada disekitar PKS dan jauh dari akses listrik PLN. Selain itu penelitian ini juga dapat membantu PKS-PKS dalam mengolah limbah cair mereka menjadi lebih bermanfaat serta ramah lingkungan.

Article Details

How to Cite
Irwan, P. (2018, May 28). Energi Listrik Terbarukan dari Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit. Jurnal Sains Dan Ilmu Terapan, 1(1), 21. Retrieved from http://e-journal.poltek-kampar.ac.id/index.php/JSIT/article/view/5
Section
Articles

References

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2017). Statistik Kelapa Sawit Indonesia 2016.
Direktorat Jenderal Perkebunan. (2017). Statistik Perkebunan Indonesia 2015 -2017 Kelapa Sawit.
Pane, N. E. P., & Kasim, S. T. (2016). STUDI POTENSI ENERGI BARU TERBARUKAN UNTUK MENGATASI DEFISIT PASOKAN TENAGA LISTRIK DI DAERAH SUMATERA UTARA. Jurnal Singuda Ensikom, 14 No.38(Januari 2016), 1–6.
PTPN V. (2014). Sebaran Pabrik Kelapa Sawit di Indonesia, 2–5. Retrieved from http://www.bumn.go.id/ptpn5/berita/11206/Ini.Sebaran.Pabrik.Kelapa.Sawit.di.Indonesia
Safrizal. (2015). Small Renewable Energy Biogas Limbah Cair ( POME ) Pabrik Kelapa Sawit Menggunakan Tipe Covered Lagoon Solusi Alternatif Defisit Listrik Provinsi Riau. Jurnal DISPROTEK, 6 No.1(Januari 2015), 26–35.
Winrock International. (2015). Konversi POME Menjadi Biogas. Winrock International.