PENGGUNAAN METODE ALGORITMA APRIORI DALAM MENENTUKAN POLA PESEBARAN PENYAKIT MENULAR DI KABUPATEN KAMPAR

Main Article Content

Fenty oktorina

Abstract

Dinas Kesehatan di Kabupaten Kampar memiliki banyak data tentang kesehatan masyarakat, terutama untuk penyakit menular. Diperlukan upaya dalam menganalisa data agarĀ  bisa menjadi informasi yang bermanfaat seperti adanya pola pesebaran penyakit menular. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa pola pesebaran penyakit menular di Kabupaten Kampar menggunakan metode algoritma apriori. Metode ini memiliki 2 tahap penyelesaian, dimana tahap pertama mencari pola frekuensi tertinggi, dengan cara mencari kombinasi item yang memenuhi syarat minimum dari nilai support yang telah ditentukan, yaitu 20%. Tahap kedua adalah pembentukan aturan asosiatif dari pola frekuensi tinggi yang didapat pada tahap 1, dengan nilai minimum untuk confidence adalah 70%. Adapun pola pesebaran penyakit menular yang telah ditemukan sebanyak 3 pola dengan melibatkan penyakit TB Paru, Pneumonia dan diare. Confidence yang dihasilkan ketiga pola tersebut berada di rentang 80-100%. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa algoritma apriori dapat digunakan untuk menentukan pola pesebaran penyakit menular.

Article Details

How to Cite
oktorina, F. (2018, May 28). PENGGUNAAN METODE ALGORITMA APRIORI DALAM MENENTUKAN POLA PESEBARAN PENYAKIT MENULAR DI KABUPATEN KAMPAR. Jurnal Sains Dan Ilmu Terapan, 1(1), 26. Retrieved from http://e-journal.poltek-kampar.ac.id/index.php/JSIT/article/view/7
Section
Articles

References

Arias, K. M. (2010). Investigasi dan Pengendalian Wabah di Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC.
Ariwibowo, A. S. (201). Analisa Asosiatif Data Mining Untuk Mengetahui Pola Kecelakaan Lalu Lintas. Telematika , 8 (2), 117.
Atmawikarta, A., Hadiat, Ratman, D. R., & Tresna, Y. D. (2006). Kajian kebijakan Penanggulangan (Wabah) Penyakit Menular. Jakarta: Direktorak Kesehatan dan GIzi Masyarakat.
Indonesia, P. M. (2014). SK Menteri Kesehatan No 82 Tahun 2008 tentan Penanggulanganan Penyakit Menular. Pekanru: Peraturan Menteri Kesehtan.
Kennedi Tampubolon, H. S. (2013). Implementasi Data Mining Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Alat-Alat Kesehatan. Informasi dan Teknologi Ilmiah , 1 (1), 93.
Nofriansyah, D. (2014). Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan (1 ed.). Yogyakarta: Deepublish.
Nugroho Wandi, R. A. (2012). Pengembangan Sistem Rekomendasi Penelusuran Buku dengan Penggalian Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur). Jurnal Teknik ITS , 1, A-445.
Pratama, H. C., Bettiza, M., & Matulatan, T. (n.d.). Penerapan Algoritman Apriori Dalam menemukan Hubungan Data Awal Masuk Mahasiwa Dengan Prestasi Akademik. Tanjung Pinang.
Tanna, P., & Ghodasara, T. (2013). Foundation for Frequent Pattern Mining Algorithms Impementation. International Journal of Computer Trends and Technology , 4 (7), 2159.