Pengaruh Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Martabak Bangka Orcila 2, X

Authors

  • Sulis Fitriani Universitas Pamulang
  • Ali Mubarok Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.59061/dinamikapublik.v3i3.1167

Keywords:

Consumer, Location, Martabak Bangka, Price, Purchasing Decision.

Abstract

This study aims to analyze the influence of price and location on consumer purchasing decisions at Martabak Bangka Orcila 2, X. The background of this study is based on the increasingly fierce competition in the culinary business, so understanding the factors that influence consumers in making purchases is very important. The research method used is quantitative with an associative approach. A sample of 100 respondents was selected through probability sampling with the Slovin formula from a population of 21,437 consumers in 2024. Data analysis was carried out using simple and multiple linear regression, accompanied by correlation tests, coefficient of determination, t-tests, and F-tests to see the significance of the influence of variables. 

References

Bagaskara, S. P., & Sugiyono. (2021). Pengaruh harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada Cafe Gudang Kopi. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 10(11), 1–21.

Biantoro, R. (2021). Pengaruh lokasi dan harga terhadap keputusan pembelian produk martabak Bapr. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 6(1), 40–49. https://doi.org/10.37715/jp.v6i1.1911

Cynthia, D., Hermawan, H., & Izzudin, A. (2022). Pengaruh lokasi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. PUBLIK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 9(1), 104–112. https://doi.org/10.37606/publik.v9i1.256

Fauzi, H. (2021). Kewirausahaan. Tasikmalaya: Perkumpulan Rumah Cemerlang.

Fauzi, R. U., & Permata, Z. I. (2024). Analisis keputusan pembelian. Kalimantan Selatan: Ruang Karya Bersama.

Kabanga, M. S., & Sanam, Y. (2022). Pengaruh kualitas makanan dan citra merek terhadap keputusan pembelian (Studi pada Restoran Suka Ramai Kupang). Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 14(2), 273–280. https://doi.org/10.37304/jpips.v14i2.7739

Kurniawan, D. D., & Soliha, E. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan pada My Kopi O Semarang. YUME: Jurnal Manajemen, 5(1), 348–358.

Latief, F., & Asniwati. (2023). Manajemen pemasaran: Melalui pendekatan strategi dan implementasi. Makassar: Nobel Press.

Maharani, A. B., & Mubarok, A. (2024). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada Narch Bouquet di Parung Panjang Bogor. Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis, 1589–1590.

Marlina, N. (2022). Manajemen pemasaran. Bantul: Bening Pustaka.

Maulida, P. F. (2024). Pengaruh harga, lokasi usaha dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian usaha Ma’e Fried Chicken Kutai Kartanegara. Jurnal Locus Penelitian dan Pengabdian, 3(1), 112–125. https://doi.org/10.58344/locus.v3i1.2449

Nurhayati. (2023). Keputusan pembelian dan kepuasan konsumen. Pekalongan: NEM.

Ompusunggu, V. M., Munthe, R. G., & Anggraini, J. (2022). Strategi pemasaran. Malang: Literasi Nusantara Abadi.

Patmawati, & Wibowo, Y. (2023). Pengaruh harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen di Es Teh Nusantara Cabang Cileungsi. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(3), 1206–1214. https://doi.org/10.55681/jige.v4i3.941

Prasetyo, A. I., & Santoso, B. H. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian Café Kala Seduh. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 12(4).

Putri, Y. A. (2023). Keputusan pembelian: Tinjauan melalui bauran pemasaran. Indramayu: Adanu Abimata.

Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunatar, B., Yulinar, Y., & Katmas, E. (2023). Pengaruh iklan dan harga terhadap keputusan pembelian produk dengan media sosial Instagram sebagai variabel moderating pada Klinik Muntira Skin Care Kota Sorong. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 9(2), 392–406. https://doi.org/10.35906/jurman.v9i2.1613

Verdiantika, O. C., & Ernajati, J. (2024). Pengaruh harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada konsumen Angkringan Gondex Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung. Jurnal Economina, 3(7), 735–748. https://doi.org/10.55681/economina.v3i7.1413

Wibowo, B. A., & Utomo, S. B. (2022). Pengaruh harga, promosi, dan lokasi terhadap keputusan pembelian produk Kopi Kenangan Cabang Pakuwon Mall Surabaya. Jurnal Riset Manajemen, 11(2), 1–16. https://doi.org/10.33024/jrm.v11i2.6161

Downloads

Published

2025-08-26

How to Cite

Sulis Fitriani, & Ali Mubarok. (2025). Pengaruh Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Martabak Bangka Orcila 2, X. Dinamika Publik: Jurnal Manajemen Dan Administrasi Bisnis, 3(3), 79–93. https://doi.org/10.59061/dinamikapublik.v3i3.1167

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.