Pengaruh Solvabilitas dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas dengan Nilai Tukar Sebagai Variabel Moderasi

Authors

  • Marcella Puspita Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Cahyadi Husadha Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Elia Rossa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.59061/dinamikapublik.v2i1.607

Abstract

The Effect of Solvency and Liquidity on Profitability with the Exchange Rate as a Moderating Variable (Study of Banking Companies Listed on the Indonesian Stock Exchange for the 2019-2022 Period)". This research aims to examine the effect of solvency and liquidity on profitability with the exchange rate as a moderating variable. This research method uses quantitative methods. The type of data source in this research is the annual financial reports of companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2019-2022 period. Based on the sampling technique using purposive sampling, a sample of 30 companies was obtained with a research period of 4 years. The analysis technique used is panel data regression. This research uses Eviews software version 12. The results of this research show that: (1) Solvency has no effect on Profitability, (2) Liquidity has no effect on Profitability, (3) Exchange Rates cannot moderate the effect of Solvency on Profitability, (4) The Exchange Rate cannot moderate the influence of Liquidity on Profitability.

 

 

References

Aripin, A. A. Z. (2025). Pengaruh penguasaan kosakata dan tata bahasa terhadap kemampuan siswa dalam teks recount (Survei di SMA Swasta Jakarta Timur). JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(4), 1136–1147. https://doi.org/10.24815/jimps.v9i4.33607

Blongkod, S. W., Supriyadi, S., & Kadir, H. (2024). Kemampuan menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan, atau pesan tertulis teks prosedur. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 10(4), 1167. https://doi.org/10.32884/ideas.v10i4.1714

Fadilla, S. A., Agustina, A. E., Rahmawati, A. N., Kartika, A. D., Zahro, F., Asyikhah, D., Afifah, N., & Mudzkiyyah, L. (2025). Efektivitas penggunaan media pembelajaran flashcard dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa SD Negeri Kalibanteng Kidul 03 Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 8(1), 137–146. https://doi.org/10.47532/jis.v8i1.1212

Falah, M. F., & Banurea, N. R. (2024). Penggunaan media flashcard dalam pembelajaran kosakata pada keterampilan berbicara siswa MTsN 2 Aceh Besar. LISANUNA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya, 14(1), 84. https://doi.org/10.22373/ls.v14i1.23468

Maharani, D., Permata, T., & Harahap, S. H. (2024). Penerapan keterampilan bahasa produktif: Berbicara dan menulis. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(1), 278–282. https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i1.1737

Mariana Hesti, R., & Nuryanti, L. (2022). Efektivitas media flashcard terhadap keterampilan menulis kosakata Bahasa Inggris siswa sekolah dasar. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 14(1), 69–80. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol14.iss1.art7

Mu’alimah, I. K. (2025). Meningkatkan keterampilan menulis siswa SD. Indonesian Research Journal on Education, 5(2). https://doi.org/10.31004/irje.v5i2.2328

Nabela, S. (2024). Meningkatkan penguasaan kosakata siswa melalui media flashcard. ADIDAYA: Aplikasi Pendidikan dan Sosial Budaya, 1(2), 15–17. https://doi.org/10.58466/adidaya.v1i2.1570

Nazla Asyifa, Putri Azizah, & Valen Tania. (2024). Keterampilan menulis teks deskripsi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sekolah dasar. Semantik: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(3), 244–252. https://doi.org/10.61132/semantik.v2i3.851

Nurohmah, F., Juhana, J., & Syarifah, E. (2024). Pengaruh minat membaca wacana cerita dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis anak-anak fase operasional konkret di Kecamatan Candimulyo. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 10800–10809. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5843

Ramadhani, L., & Markhamah, M. (2024). Peranan Bahasa Indonesia dalam meningkatkan keterampilan berbicara dan keterampilan menulis peserta didik SMA. BASINDO: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya, 8(1), 97–110. https://doi.org/10.17977/um007v8i12024p97-110

Repalena, A., Arni, Y., Ranti, R., & Melinda, L. (2024). Pengembangan media pembelajaran kuis interaktif pada materi Bahasa Indonesia kosakata kelas tiga di sekolah dasar. ALACRITY: Journal of Education, 399–406. https://doi.org/10.52121/alacrity.v4i3.481

Riswari, A., Sutomo, D., & Wijayanti, A. Y. (2024). Peningkatan keterampilan menulis teks dengan metode diskusi berbantuan media flashcard pada siswa kelas 3 SD Negeri Bandungan 01. WASPADA: Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan, 12(1), 6. https://doi.org/10.61689/waspada.v12i1.537

Sari, N. F., Abidin, D., & Faiz Ridlo, A. (2024). Pengembangan media pembelajaran flashcard dalam meningkatkan keterampilan Bahasa Indonesia siswa. An-Nizam, 3(1), 134–141. https://doi.org/10.33558/an-nizam.v3i1.9137

Downloads

Published

2024-02-06

How to Cite

Marcella Puspita, Cahyadi Husadha, & Elia Rossa. (2024). Pengaruh Solvabilitas dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas dengan Nilai Tukar Sebagai Variabel Moderasi. Dinamika Publik: Jurnal Manajemen Dan Administrasi Bisnis, 2(1), 41–58. https://doi.org/10.59061/dinamikapublik.v2i1.607