Pengaruh Solvabilitas dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas dengan Nilai Tukar Sebagai Variabel Moderasi
DOI:
https://doi.org/10.59061/dinamikapublik.v2i1.607Abstract
The Effect of Solvency and Liquidity on Profitability with the Exchange Rate as a Moderating Variable (Study of Banking Companies Listed on the Indonesian Stock Exchange for the 2019-2022 Period)". This research aims to examine the effect of solvency and liquidity on profitability with the exchange rate as a moderating variable. This research method uses quantitative methods. The type of data source in this research is the annual financial reports of companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2019-2022 period. Based on the sampling technique using purposive sampling, a sample of 30 companies was obtained with a research period of 4 years. The analysis technique used is panel data regression. This research uses Eviews software version 12. The results of this research show that: (1) Solvency has no effect on Profitability, (2) Liquidity has no effect on Profitability, (3) Exchange Rates cannot moderate the effect of Solvency on Profitability, (4) The Exchange Rate cannot moderate the influence of Liquidity on Profitability.
References
Aripin, A. A. Z. (2025). Pengaruh penguasaan kosakata dan tata bahasa terhadap kemampuan siswa dalam teks recount (Survei di SMA Swasta Jakarta Timur). JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(4), 1136–1147. https://doi.org/10.24815/jimps.v9i4.33607
Blongkod, S. W., Supriyadi, S., & Kadir, H. (2024). Kemampuan menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan, atau pesan tertulis teks prosedur. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 10(4), 1167. https://doi.org/10.32884/ideas.v10i4.1714
Fadilla, S. A., Agustina, A. E., Rahmawati, A. N., Kartika, A. D., Zahro, F., Asyikhah, D., Afifah, N., & Mudzkiyyah, L. (2025). Efektivitas penggunaan media pembelajaran flashcard dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa SD Negeri Kalibanteng Kidul 03 Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 8(1), 137–146. https://doi.org/10.47532/jis.v8i1.1212
Falah, M. F., & Banurea, N. R. (2024). Penggunaan media flashcard dalam pembelajaran kosakata pada keterampilan berbicara siswa MTsN 2 Aceh Besar. LISANUNA: Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya, 14(1), 84. https://doi.org/10.22373/ls.v14i1.23468
Maharani, D., Permata, T., & Harahap, S. H. (2024). Penerapan keterampilan bahasa produktif: Berbicara dan menulis. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(1), 278–282. https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i1.1737
Mariana Hesti, R., & Nuryanti, L. (2022). Efektivitas media flashcard terhadap keterampilan menulis kosakata Bahasa Inggris siswa sekolah dasar. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 14(1), 69–80. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol14.iss1.art7
Mu’alimah, I. K. (2025). Meningkatkan keterampilan menulis siswa SD. Indonesian Research Journal on Education, 5(2). https://doi.org/10.31004/irje.v5i2.2328
Nabela, S. (2024). Meningkatkan penguasaan kosakata siswa melalui media flashcard. ADIDAYA: Aplikasi Pendidikan dan Sosial Budaya, 1(2), 15–17. https://doi.org/10.58466/adidaya.v1i2.1570
Nazla Asyifa, Putri Azizah, & Valen Tania. (2024). Keterampilan menulis teks deskripsi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sekolah dasar. Semantik: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(3), 244–252. https://doi.org/10.61132/semantik.v2i3.851
Nurohmah, F., Juhana, J., & Syarifah, E. (2024). Pengaruh minat membaca wacana cerita dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis anak-anak fase operasional konkret di Kecamatan Candimulyo. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 10800–10809. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5843
Ramadhani, L., & Markhamah, M. (2024). Peranan Bahasa Indonesia dalam meningkatkan keterampilan berbicara dan keterampilan menulis peserta didik SMA. BASINDO: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya, 8(1), 97–110. https://doi.org/10.17977/um007v8i12024p97-110
Repalena, A., Arni, Y., Ranti, R., & Melinda, L. (2024). Pengembangan media pembelajaran kuis interaktif pada materi Bahasa Indonesia kosakata kelas tiga di sekolah dasar. ALACRITY: Journal of Education, 399–406. https://doi.org/10.52121/alacrity.v4i3.481
Riswari, A., Sutomo, D., & Wijayanti, A. Y. (2024). Peningkatan keterampilan menulis teks dengan metode diskusi berbantuan media flashcard pada siswa kelas 3 SD Negeri Bandungan 01. WASPADA: Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan, 12(1), 6. https://doi.org/10.61689/waspada.v12i1.537
Sari, N. F., Abidin, D., & Faiz Ridlo, A. (2024). Pengembangan media pembelajaran flashcard dalam meningkatkan keterampilan Bahasa Indonesia siswa. An-Nizam, 3(1), 134–141. https://doi.org/10.33558/an-nizam.v3i1.9137
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dinamika Publik: Jurnal Manajemen dan Administrasi Bisnis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.








