Pengaruh Upacara Bendera dalam Meningkatkan Semangat Nasionalisme pada Peserta Didik di SMAS St. Petrus Kewapante
DOI:
https://doi.org/10.59061/guruku.v1i4.494Keywords:
Influence, Nationalism, Flag Ceremony at SchoolAbstract
This research aims to find out one of the efforts to instill the spirit of nationalism in students through the flag ceremony at SMAS ST.Petrus Kewapante school. This research uses a descriptive qualitative method. The informants in this study were School Principal, Civic Education Teacher, Student Affairs Teacher, and Students of SMAS ST.Petrus Kewapante. The data collection techniques used were observation, interview, documentation. Data analysis techniques in the form of data collection, data reduction, and data verification.The results of this study indicate that: In essence, teachers and students understand the spirit of nationalism as a homeland attitude that is important for every citizen including students. The flag ceremony at school is also considered important as an effort to strengthen the spirit of nationalism of students.
References
Admin. 2022. Arti kata meningkatkan adalah. Lambeturah.id
Asnawi, sahlan. 2010. Semangat kerja dan gaya kepemimpinan. Jurnal psikologi No. 2: 87 universitas persada Indonesia.
BerraDo Emellia. 2018. Menanamkan sikap nasionalisme siswa kelas v pada mata pelajaran pkn di sd negeri 08 rejang lebong.
Dwi Latifatul fajri. 2021. Tujuan nasionalisme dan contonya di kehidupan sehari-hari. Katadata.
Hasibuan. 2009. Organisasi dan motivasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Maura, Aisya. Pentingnya upacara bendera setiap hari senin. blog.ruangguru.com
Moleong, 2014. Meteologi penelitian kualitatif. Edis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Miles, & Huberman. (2009:246). Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penarikan Kesimpulan atau Vertifikasi
Nugraha Jevi. 2022. 6 Tujuan upacara bendera beserta manfaatnya yang perlu diketahui. JATENG: merdeka.com
Novitasari. 2013. Penanaman Nilai Nasionalisme Dan Patriotisme Untuk Mewujudkan Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas X Sma Negeri 4 Sidoarjo
Nurdiansyah, w & Made Suwanda, 1 (2018). Peran Guru Ppkn Sebagai Pendidik Dalam Menumbuhkan Sikap Nasionalisme Di Sma Tarbiyyah Ghulam Wal Bannat Kabupaten Jombang Kelas X1. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 6(2).
Permanto, Toto. 2012. Perilaku Nasionalistik Masa Kini dan Ketahanan Nasional: Penerapan Perilaku Nasionalistik Masa Kini. Hlm. 86-88. Yogyakarta: Mata Bangsa.
Sadikin. 2008. Peningkatan Sikap Nasionalismemelalui Pembelajaran IPS dengan MetodeSosiodrama di SD Cikembulan, Banyumas.Tesis. Yogyakarta: Universitas NegeriYogyakarta.
Sintya Hapsari Putri, A., & Sumardjoko, B. (2018). Penanaman Nilai Nasionalisme Melalui Kegiatan Upacara Hari Senin pada Siswa SMP Negeri 3 Sawit Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakata).
Supini Epin. 2021. 5 tips membangun sikap nasionalisme siswa selama PJJ. Blog.kejarcita.
Sugiyono, 2011. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung:PT Alfabeta
Sugiyono, 2007. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung:PT Alfabeta
Sugiyono, 2013. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung:PT Alfabeta
Sugiyono, 2017. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Yahya, Harun. 2003. Zeal and Enthusiasm Decribed in the Qur’an. Surabaya: Risalah Gusti.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Guruku: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.