Sistem Informasi Rekapitulasi Rumah Tidak Layak Huni Berbasis Web Ruang Lingkup Kecamatan Bangkinang Kota

Authors

  • Andri Nofiar Am Politeknik Kampar

DOI:

https://doi.org/10.59061/jsit.v5i1.55

Keywords:

Sistem Informasi, Waterfall, Uml, Codeigniter

Abstract

Proses pencatatan rumah tidak layak huni masih bersifat manual dengan melakukan sensus penduduk yang dilakukan oleh pemerintah desa, kemudian pemerintah desa melaporkannya ke Dinas Perumahan, Permukiman, dan Pertanahan (Perkim) dalam bentuk laporan. Untuk informasi mengenai rumah tidak layak huni yang ada di Kecamatan Bangkinang Kota ini hanya ada di Dinas Perkim ataupun di Kantor Kelurahan dan Kantor Desa. Sebagai solusi maka dibangunlah sistem informasi rekapitulasi rumah tidak layak huni berbasis web ruang lingkup Kecamatan Bangkinang Kota menggunakan framework codeigniter dibuat menggunakan bahasa pemograman PHP dan MySQL serta perancangan sistem yang dimodelkan dengan metode waterfall dan perancangan sistem dengan UML (Unified Modelling Language). Tujuan dibuat sistem ini untuk menghindari kesalahan dalam rekapitulasi data rumah tidak layak huni dan menginformasikan tentang informasi mengenai rumah tidak layak huni. Hasil yang diharapkan adalah pengetahuan dan solusi untuk menghindari kesalahan rekapitulasi data dengan sistem informasi rekapitulasi yang berbasis web.  Sistem ini akan dibuat dalam bentuk sebuah sistem informasi yang berbasis web dan dapat diakses secara online.

References

Abdurrahman, Muhdar. (2018). Sistem informasi data pegawai berbasis web pada kementrian kelautan dan perikanan kota ternate. 1(2), 70-78.
Jafar, Ratna. (2020). Perancangan sistem informasi manajemen sarana dan prasarana menggunakan framework codeigniter pada Akademi Ilmu Komputer Ternate, 3(2), 62–68.
Maulana, Alief., Sadikin, Muhammad., & Izzudin, Arief. (2018). Implementasi sistem informasi manajemen inventaris berbasis web di pusat teknologi informasi dan komunikasi . SETRUM, 7(1), 182-196.
Novendri, Muhammad Saed., Saputra, Ade., & Firman, Chandra Eri. (2019). Aplikasi Inventaris Barang pada Mts Nurul Islam Dumai menggunakan PHP dan mYsqL. Lentera Dumai, 10(2), 46-57.
Rochman, Abdur., Sidik, Achmad., & Nazahah, Nada. (2018). Perancangan sistem informasi administrasi pembayaran SPP siswa berbasis web di SMK Al-Amanah. Jurnal Sisfotek Global, 8(01), 51–56.

Downloads

Published

2022-07-01

How to Cite

Nofiar Am, A. (2022). Sistem Informasi Rekapitulasi Rumah Tidak Layak Huni Berbasis Web Ruang Lingkup Kecamatan Bangkinang Kota. Jurnal Sains Dan Ilmu Terapan, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.59061/jsit.v5i1.55

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.