Penerapan UML Untuk Rancang Bangun Aplikasi Penilaian Dosen Politeknik Kampar

Main Article Content

Safni Marwa

Abstract

Untuk menunjang keberlangsungan standar pendidikan tinggi (SPMI) di Politeknik Kampar, maka unit penjaminan mutu akan melakukan serangkaian kegiatan seperti audit dan survey. Salah satu bentuk survey yang dilakukan terkait standar proses belajar mengajar adalah penilaian terhadap dosen dengan menggunakan lembar kuesioner. Kegiatan survey menggunakan kuesioner dilakukan setiap pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) sebelum mahasiswa menjawab soal ujian untuk dosen yang akan dinilai. Berdasarkan hasil evaluasi, cara ini dinilai kurang efektif dimana kebanyakan mahasiswa dalam melakukan pengisian tidak fokus dan masih manual kertas. Disamping itu, dengan fasilitas teknologi informasi yang digunakan Politeknik Kampar saat ini, survey atau pengambilan data secara terkomputerisasi sudah dapat diberlakukan online untuk lokal. Sehingga sebagai hasil, pengambilan data dapat dilakukan secara objektif dan efisien sesuai dengan standar yang diharapkan. Disamping itu, dalam perkuliahan di Program Studi Diploma 3 Teknik Informatika Politeknik Kampar, terdapat mata kuliah terkait dengan rekayasa perangkat lunak dan sistim informasi sebagai kompetensi capaian lulusan. Dalam perkuliahan tersebut, mahasiswa dikenalkan dengan berbagai metode yang umum digunakan dalam rancang bangun suatu aplikasi atau perangkat lunak. Salah satunya adalah UML (Unified Modelling Language) yang dalam penerapannya masih belum dipahami secara tepat oleh mahasiswa. Sebagai alat bantu, maka penelitian ini akan memberikan gambaran tentang rancang bangun sebuah aplikasi dengan menggunakan metoda tersebut.

Article Details

How to Cite
Marwa, S. (2018, May 28). Penerapan UML Untuk Rancang Bangun Aplikasi Penilaian Dosen Politeknik Kampar. Jurnal Sains Dan Ilmu Terapan, 1(1), 1. Retrieved from http://e-journal.poltek-kampar.ac.id/index.php/JSIT/article/view/2
Section
Articles

References

Valacich, George & Hoffer. (2009). Essentials of Systems Analysis and Design. 4th Edition. New Jersey, USA: Prentice Hall.
Quatrani, Terry. (2003). Visual Modelling With Rational Rose 2002 and UML. USA: Pearson Education Inc.
Bell, Donald. (2003). UML Basics: An Introduction to the Unified Modelling Language. IBM DeveloperWorks Article (url: www.cs.uml.edu/~grinstei/91.412 /UML/UMLbasics:AnIntroductiontotheUnifiedModellingLanguage)
Marwa, Fadel & Nurhayati. (2014). Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Alumni Politeknik Kampar Berbasis Web Menggunakan Netbeans 7.3.1. Windows. Bangkinang: Politeknik Kampar.
Atika, L. (2010). Sistem Penunjang Keputusan Penilaian Kinerja Pemilihan Dosen Berprestasi Menggunakan Metode AHP. Jurnal Ilmiah MATRIK vol 12 no 3. Palembang: Universitas Bina Darma.
Kadir, A. (2008). Dasar Pemograman Web Dinamis menggunakan PHP. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Rochman, Fuad & Muhibin. (2015). Sistem Informasi Kinerja Dosen Pada Universitas Kejuangan ’45. Jurnal SISFOTEK GLOBAL.
Setiyowati, Sri. (2013). Analisa Evaluasi Kinerja Pegawai untuk Promosi Jabatan Menggunakan Model Hybrid GAP Analysis – AHP. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2013. Yogyakarta.
Sholiq. (2006). Pemodelan Sistem Informasi Berorientasi Objek dengan UML. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Munawar. (2005). Pemodelan Visual dengan UML. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sono, A.V.D.(2005). HTML, JSP dan MySQL. Yogyakarta: CV. Andi Offset.