OPTIMALISASI BANK SAMPAH BERBASIS PEMBERDAYAAN SUMBER DAYA MANUSIA DI KELURAHAN GEDOG

Authors

  • Nabila Zafirna Syazwani Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Ugy Soebiantoro Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.59061/dinamikapublik.v1i2.247

Keywords:

Pemberdayaan Sumber Daya Manusia, Bank Sampah

Abstract

Gagasan bank sampah berbasis pemberdayaan sumber daya manusia dipandang mampu menangani sampah tidak hanya dengan mengurangi jumlahnya, tetapi juga mengubah sampah menjadi lebih bermanfaat secara ekonomi karena memiliki nilai jual. Salah satu bank sampah yang ada di Kelurahan Gedog adalah Bank Sampah Guyub Rukun yang berada di RW 13. Bank Sampah Guyub Rukun merupakan salah satu bentuk usaha kecil dan menengah (UKM) yang muncul dari kesadaran masyarakat akan pengelolaan sampah. Sebagai bentuk UKM yang berbasis masyarakat, Bank Sampah Guyub Rukun membutuhkan bantuan dari sumber daya manusia. Namun, terdapat masalah perihal masih diperlukan peningkatan kapasitas sumber daya manusia agar pengelola bank sampah dapat memilah sampah secara efektif dan efisien. Kelompok KKN Tematik 31 memberikan pengetahuan mengenai apa itu sampah, jenis sampah, pengelolaan sampah dan 3R (reduce, reuse, recycle) agar pengelolaan sampah dapat berjalan secara optimal serta memberikan dampak finansial kepada bank sampah. Pelaksanaan pemberdayaan menggunakan metode dalam bentuk sosialisasi/penyuluhan, pemaparan materi, tanya jawab dan pameran produk.

References

Apriadi, P., 2012, Bank Sampah dan Program Lingkungan Yayasan Unilever. http//www.unilevergreenandclean.co.id/greenandclean. Yayasan Unilever Indonesia. Handiwibowo, G.A

Chandra, Budiman. 2006. Pengantar Kesehatan Lingkungan. EGC. Jakarta Subekti (2009)

Handarkho, Y. D. (2014). Implementasi Sistem Informasi Bank Sampah Pada Usaha Kecil Menengah (Studi kasus Bank Sampah Gemah Ripah Badegan, Bantul). Konferensi Nasional Ilmu Komputer, 1-8.

Ramadhan, C. I., Santoso, R. S., Hanani, R., & Subowo, A. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengelolaan Bank Sampah'arunika'di Kelurahan Mungseng, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung. Journal of Public Policy and Management Review, 11(3), 627-642.

Sucipto, C. D., 2012, Teknologi Pengelolahan Daur Ulang Sampah. Yogyakarta: Goysen.

Suwerda, B., 2012, Bank Sampah Kajian Teori dan Penerapannya. Yogyakarta: RihamaRohima.

Downloads

Published

2023-07-09

How to Cite

Nabila Zafirna Syazwani, & Ugy Soebiantoro. (2023). OPTIMALISASI BANK SAMPAH BERBASIS PEMBERDAYAAN SUMBER DAYA MANUSIA DI KELURAHAN GEDOG. Dinamika Publik: Jurnal Manajemen Dan Administrasi Bisnis, 1(2), 78–84. https://doi.org/10.59061/dinamikapublik.v1i2.247

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.