Fungsi Database pada Kegiatan MSDM (Karyawan)

Authors

  • Mira Handani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Muhammad Irwan Padli Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59061/dinamikapublik.v1i2.259

Keywords:

Database, Manajamen sumber daya manusia

Abstract

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) adalah salah satu fungsi manajemen yang memiliki peran penting dalam mengelola sumber daya manusia di sebuah organisasi atau perusahaan. Dalam melaksanakan kegiatan MSDM, penggunaan database memainkan peran yang sangat penting.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis fungsi database pada kegiatan MSDM (Karyawan). Metode penelitian studi literatur digunakan dalam penelitian ini untuk mencari informasi yang relevan dengan topik penelitian. Setelah mengumpulkan data, analisis data dilakukan dengan membaca, memahami, dan menganalisis sumber-sumber informasi yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan database dalam kegiatan MSDM sangatlah penting dan memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. Penggunaan database dalam kegiatan MSDM meliputi pengelolaan data karyawan, perekaman absensi karyawan, penggajian karyawan, evaluasi kinerja karyawan, dan manajemen pelatihan karyawan. Selain memudahkan manajer HRD dalam mengelola data karyawan, penggunaan database juga memberikan berbagai keuntungan bagi perusahaan seperti meningkatkan efisiensi dan produktivitas, memudahkan pengambilan keputusan, dan meningkatkan transparansi kegiatan MSDM. Dalam penelitian ini, kesimpulan yang dapat diambil adalah penggunaan database dalam kegiatan MSDM sangatlah penting dan memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. Oleh karena itu, implementasi database MSDM harus menjadi prioritas bagi perusahaan yang ingin meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan MSDM. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa metode penelitian studi literatur dapat digunakan dalam penelitian MSDM dan memberikan pemahaman yang lebih baik dan mendalam mengenai topik yang diteliti.

 

References

Noermijati, N., & Wahyuni, H. (2018). Implementasi Teknologi Informasi dalam Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Dinamika Manajemen, 9(2), 102-111.

Purnomo, A., & Supriyanto, A. (2019). Pengembangan Sistem Informasi Administrasi Kepegawaian Pada RSUD Dr. Soetomo Surabaya Berbasis Web. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 7(2), 83-89.

Rahayu, F., & Nurmayasari, D. (2020). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia dengan Pendekatan Agile. Jurnal Riset Informatika, 12(1), 45-54.

Sri Utami, ” Konsep dan Peranan Sistem Database di Dalam Sistem Informasi Manajemen”

Wahyuhening, Firstianty, (2017). “ Penggunaan Database Karyawan Untuk Sistem Informasi Sumber Saya Perusahaan “, hal 209-213.

Downloads

Published

2023-07-10

How to Cite

Mira Handani, & Muhammad Irwan Padli Nasution. (2023). Fungsi Database pada Kegiatan MSDM (Karyawan). Dinamika Publik: Jurnal Manajemen Dan Administrasi Bisnis, 1(2), 143–152. https://doi.org/10.59061/dinamikapublik.v1i2.259

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.