Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa Untuk Melanjutkan Pendidikan Di Perguruan Tinggi

Authors

  • Risma Febryanti Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.59061/dinamikapublik.v1i4.418

Keywords:

Internal factors, external factors, interest, education, College

Abstract

This study aims to determine the factors that influence students' interest in continuing their education in tertiary institutions in class XI SMK students. The research design used in this study is quantitative. The sampling technique in this study used a proportional random sampling technique. The data collection technique was carried out using a closed questionnaire. Data analysis techniques in this study used descriptive statistical calculations. The results of this study are that internal factors have an influence on students' interest in continuing their education in tertiary institutions by 67% and external factors have an effect on students' interest in continuing their education in tertiary institutions by 44%.

References

Afra, P. (2017). Faktor-faktor yang memengaruhi minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di sekolah menengah kejuruan se-Kecamatan Ajibarang. Hanata Widya, 6(3), 28-34.

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66-72.

Amarlita, S. (2016). Faktor-faktor yang memengaruhi minat untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa kelas XII jurusan tata boga di SMK Negeri 4 Dan SMK Negeri 6 Yogyakarta. Skripsi Fakultas teknik. Universitas Negeri Yogyakarta.

Arnawan, G. (2016). Faktor penyebab kurangnya minat remaja desa terhadap pendidikan di perguruan tinggi (studi kasus pada remaja di Desa Balirejo Kecamatan Angkona Kabupaten Luwu Timur). Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM, 3(2).

Azwar, E. (2014). Hubungan Motivasi Terhadap Jauhnya Tolak Peluru Mahasiswa Penjaskes Fkip Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh. Jurnal Serambi Akademica, 2(2).

Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. JKT: Bumi Aksara

Haq, M. A., & Setiyani, R. (2016). Pengaruh prestasi belajar, kondisi sosial ekonomi orang tua dan self efficacy terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa ips. Economic Education Analysis Journal, 5(3), 1034-1034.

Holland, J. L. (1997). Making vocational choices: A theory of vocational personalities and work environments. Psychological Assessment Resources.

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 129a/U/2004 Tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Pendidikan, Standar Pelayanan Minimal (SPM) SMK.

Kharisma, N., & Latifah, L. (2015). Pengaruh motivasi, prestasi belajar, status sosial ekonomi orang tua dan lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII kompetensi keahlian akuntansi di Smk Negeri Se-Kota Semarang Tahun Ajaran 2014. Economic Education Analysis Journal, 4(3).

Mufida, A., & Effendi, Z. M. (2019). Pengaruh pendapatan orang tua dan prestasi belajar terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 2 Pariaman. Jurnal Ecogen, 2(4), 687-695.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 29 tahun 1990. Tentang Pendidikan Menengah. (2003). Jakarta, JKT: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Rachmawati, D. (2017). Minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi ditinjau dari latar belakang sosial ekonomi orang tua dan potensi diri pada siswa kelas XI SMK Negeri Se-Kota Semarang. Skripsi Fakultas Ekonomi. Semarang, SMR: Universitas Negeri Semarang.

Renninger, K. A., Hidi, S., Krapp, A., & Renninger, A. (2014). The role of interest in learning and development. Psychology Press.

Saputra, T. A. (2020). Bentuk kecemasan dan resiliensi mahasiswa pascasarjana Aceh-Yogyakarta dalam menghadapi pandemi Covid-19. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 6(1), 55-61.

Setiaji, K., & Rachmawati, D. (2017). Minat Melanjutkan Studi Perguruan Tinggi Siswa SMKN Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 45-59.

Setiawan, R. (2018). Minat siswa SMK melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII jurusan akuntansi SMK Dharma Putera Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 4(2), 176-190.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).

Zulfa, N. I., Heryaniningsih, S. M., Putra, M. R., & Putri, M. K. (2018). Pengaruh teman sebaya terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa sma. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 2(02), 69-74.

Downloads

Published

2023-09-08

How to Cite

Risma Febryanti. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa Untuk Melanjutkan Pendidikan Di Perguruan Tinggi. Dinamika Publik: Jurnal Manajemen Dan Administrasi Bisnis, 1(4), 110–119. https://doi.org/10.59061/dinamikapublik.v1i4.418

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.