Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Mengurangi Gaya Hidup Hedonisme Remaja
DOI:
https://doi.org/10.59061/guruku.v3i3.1090Keywords:
Adolescents, Consumer Behavior, Group Guidance, Hedonism, LifestyleAbstract
The development of technology and globalization encourages hedonism and consumer behavior in adolescents, who often imitate celebrity lifestyles for recognition, risking eroding their identity. This study examines the effectiveness of group guidance in overcoming adolescent hedonism through qualitative literature studies. The results show that group guidance is effective in increasing self-awareness, the ability to manage finances, distinguish needs from wants, and build habits of saving and investing. Thus, group guidance is a strategic approach to forming wiser and more responsible adolescents.
References
Aisyah, R., & Firmansyah, D. (2020). Pengaruh konseling kelompok terhadap peningkatan self control remaja. Jurnal Konseling Eksperimental, 4(2), 87–96.
Dewi, N. R., & Santoso, A. (2021). Efektivitas teknik problem solving dalam layanan BK kelompok untuk mengurangi perilaku hedonis remaja. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 12(3), 45–54.
Fadhilah, I., & Rahman, T. (2022). Konsep diri, popularitas, dan gaya hidup hedonis pada remaja: Peran variabel mediasi. Jurnal Psikologi Perkembangan, 14(1), 23–32.
Hidayat, M., & Loversi, A. (2021). Layanan konseling berbasis kelompok dan pengaruhnya terhadap self esteem siswa. Buletin Konseling Islam, 5(1), 10–19.
Jasman, J., Fitria, A., Thaheransyah, T., & Sugita, S. (2022). Penerapan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang perilaku konsumtif. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), 123. https://doi.org/10.29240/jbk.v6i1.4171
Kartini, S., & Putra, F. (2023). Konformitas sosial dan gaya hidup materiil pada anak SMP. Jurnal Psikologi Remaja, 8(2), 77–88.
Kristiani, L., Kusumawati, E., & Wahyuningsih, D. D. (2024). Pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik problem solving untuk mengurangi gaya hidup hedonis pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Karanganyar. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 11(1), 1–10.
Lubis, Y., & Mahmudah, I. (2022). Teknik self management dalam layanan BK kelompok sekolah menengah. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 9(4), 101–110.
Nabila, Q., & Handayani, A. (2019). Konsep diri dan konformitas terhadap gaya hidup hedonisme pada remaja di SMA Hidayatullah Semarang. Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU), 1083–1091.
Patricia, C. O. S. (2021). Penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self manajemen untuk mengurangi perilaku hedonisme pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 07 Medan tahun ajaran 2020–2021. 3(2), 6.
Putri Kusherawati, N., & Hasanah, U. (2022). Konsep diri dan konformitas dengan kecenderungan gaya hidup hedonis pada remaja. IDEA: Jurnal Psikologi, 6(2), 107–117. https://doi.org/10.32492/idea.v6i2.6206
Rusman, E. (2020). Hubungan layanan bimbingan kelompok dan pengendalian diri remaja terhadap kecenderungan konsumtif. Jurnal Konseling Sosiokultural, 3(2), 55–64.
Safitri, L., & Wulan, S. (2021). Peran guru BK dalam mengendalikan gaya hidup hedonis siswa melalui konseling kelompok. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1), 31–40.
Uyun, Z. (2021). Hubungan antara konsep diri dengan gaya hidup hedonis pada siswa SMA Negeri 4 Surakarta. 1–18. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/41804
Yuliani, P., & Aristo, B. (2023). Konsep diri dan pengaruhnya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan Tinggi, 7(1), 99–108.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Guruku: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








