Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Materi Wujud Zat dan Perubahannya Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Ida Bayu Khori’ana Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Iqnatia Alfiansyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nataria Wahyuning Subayani Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.59061/guruku.v3i3.1103

Keywords:

Discovery Learning, Learning Model, Understanding Concepts

Abstract

This study aims to prove whether or not there is an influence of the discovery learning  model on the understanding of the concept of substance form material and its changes in grade IV elementary school. The method used in this study is an experimental method with a quasi experimental type. The design in this study, namely none-equivalent control group design, this study involves two classes, namely the experimental class, namely class IV A, which is treated with learning using the discovery learning  model, while the control class, namely IV B, is taught without using the discovery learning model.

References

Agustina, T. (2020). Pengembangan HOTS dengan model Discovery Learning 3R (Reduce, Reuse, Recycle) (S. Rois, Ed.). CV. Cipta Media Edukasi.

Alfiansyah, I. (2020). Pengaruh outdoor learning terhadap kemampuan siswa dalam memahami dan memecahkan masalah subtema lingkungan tempat tinggalku kelas IV sekolah dasar brainstorming untuk meningkatkan berpikir kritis di kelas V sekolah dasar. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(1), 36–43. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n1.p36-43

Amelia, K., & Astuti, S. (2020). Evektivitas penerapan model discovery learning dan inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis pembelajaran subtema perubahan bentuk energi kelas III gugus Sudirman. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(2), 151–157. https://jurnal.unibrah.ac.id/index.php/JIWP

Dari, F., & Ahmad, S. (2020). Model discovery learning sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 1469–1479.

Fitri, A., Rasa, A., Kusumawardhani, A., Nursya’bani, K., Fatimah, K., & Setianingsih, N. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial IV (R. Rizky, Ed.). Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Ismi, U., Harmawati, & Haerudin. (2020). Pengaruh model discovery learning terhadap pemahaman konsep IPA di kelas V SD. JSD: Jurnal Sekolah Dasar, 1(1), 2528–2883.

Khasinah, S. (2021). Discovery learning: Definisi, sintaksis, keunggulan dan kelemahan. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402. https://doi.org/10.22373/jm.v11i3.5821

Kulsum, N., Surahman, E., & Ali, M. (2020). Implementasi model discovery learning terhadap literasi sains dan hasil belajar peserta didik pada sub konsep pencemaran lingkungan. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 15(2), 55–65.

Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep model discovery learning pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar menurut pandangan para ahli. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2189–2198.

Nisa, K., & Sahrir, D. (2023). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi sistem ekskresi kelas XI. Science Education and Development Journal Archives, 1(2), 63–72. https://doi.org/10.59923/sendja.v1i2.57

Nurbayanti, F., Ruqoyyah, S., & Wardani, S. D. (2024). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep IPA materi perubahan wujud benda. Jurnal Pendidikan Sains dan Teknologi, 11(4), 1951–1968. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i4.1369

Nuriya, S., & Setiyawati, E. (2023). Pengaruh model discovery learning berbantuan media benda konkret terhadap pemahaman konsep IPA peserta didik kelas V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.

Ramadhani, S., Basit, A., Jannah, R., & Buaya Padang, L. (2023). Pembelajaran abad 21 model pembelajaran discovery untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SDN 2 Lubuk Buaya Padang, 157–162.

Sari, D. I. A., & Subayani, W. N. (2024). Workshop penyusunan modul ajar Kurikulum Merdeka di UPT SD Negeri 85 Gresik. Jurnal Abdimas PHB, 7(2). https://doi.org/10.30591/japhb.v7i2.6861

Suhartono, & Indramawan, A. (2021). Group investigation (konsep dan implementasi dalam pembelajaran) (S. Anam, Ed.). Academia Publication. https://books.google.co.id/books?id=KeE2EAAAQBAJ

Susanti, E. K. N., Asrin, & Khair, B. (2021). Analisis tingkat pemahaman konsep IPA siswa kelas V SDN Gugus V Kecamatan Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 686–690. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.317

Yadi, H., Neviyarni, & Nirwana, H. (2022). Discovery learning sebagai teori belajar populer lanjutan. Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2), 234–245. https://doi.org/10.56480/eductum.v1i2.742

Downloads

Published

2025-07-04

How to Cite

Ida Bayu Khori’ana, Iqnatia Alfiansyah, & Nataria Wahyuning Subayani. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Materi Wujud Zat dan Perubahannya Kelas IV Sekolah Dasar. GURUKU : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(3), 222–233. https://doi.org/10.59061/guruku.v3i3.1103

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.