PROGRAM LITERASI SDN 017 PANDAU JAYA BLOK B,SDN 89 PEKANBARU DAN SDN 148 PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.59061/guruku.v1i3.221Keywords:
Literasi, Sekolah DasarAbstract
Menurut Whiteboard Jurnal,Indonesia menjadi bagian dari 10 Negara yang memiliki tingkat literasi yang rendah pada tahun 2019,di peringkat 62 dari 70 negara.Hal tersebut tercatat sejak masuknya pandemi covid-19 yang masuk ke Indonesia pada awal tahun 2020.Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001 persen, artinya dari 1.000 orang Indonesia, hanya satu orang yang rajin membaca. Padahal, hingga tahun 2022 penduduk Indonesia mencapai angka 275,77 juta jiwa. Hal ini tentunya menjadi tantangan yang perlu dihadapi, terutama dalam dunia pendidikan. Untuk menghadapinya, pemerintah mencanangkan GLS (Gerakan Literasi Sekolah). Namun ada banyak sekali kendala yang menjadi penghalang dalam pelaksanaan program ini. Untuk itu, penelitian ini dibuat untuk mengamati program apa saja yang dilaksanakan sekolah dasar dalam mengupayakan gerakan literasi, serta sejauh mana pelaksanaannya sudah terlaksanakan
References
Dafit, F & Hadikusuma, Z. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Penelitian dan Pendidikan Sekolah Dasar, 4, 1429-1437.
Hamdan, H. B., & Ariani, D. N. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah DiSekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin. JPSD, 4.
Lestari, M, dkk. (2019). Program Gerakan Literasi Sekolah di SD Dharma Karya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 2614-8242.
Septiary, D & Sidabutar, M. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD Muhammadiyah Sokonandi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1.
Wiratsiwi, W. (2020). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2, 230-238.
Wulandari, Ranti. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Islam Terpadu Lukman Al Hakim Internasional. Jurnal