IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA DI SDN 060890 MEDAN POLONIA

Authors

  • Anatia Simamora UPN “Veteran” Jawa Timur, Surabaya
  • Didiek Tranggono UPN “Veteran” Jawa Timur, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59061/guruku.v1i2.245

Keywords:

Literai Dan Numerasi, Pembelajaran Interaktif, Akm

Abstract

Literasi yang baik memungkinkan individu untuk memperoleh pengetahuan dan memperluas wawasan mereka. Kemampuan numerasi, di sisi lain, memungkinkan seseorang untuk memahami dan menggunakan angka, data, dan konsep matematika dalam berbagai situasi. UPT SDN 060890 merupakan sekolah yang memiliki kemampuan literasi dan numerasi rendah berdasarkan hasil ANBK tahun 2021. Diperlukan pembelajatan interaktif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Peneliti hendak menggambarkan implementasi pembelajaran interaktif kampus mengajar di SDN 060890 Medan Polonia dan bagaimana hasilnya terhadap peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa yang akan disimpulkan melalui hasil AKM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif . Melalui hasil AKM siswa pada kelas 5 di SDN 060890 Medan Polonia dapat dilihat dengan jelas terjadi peningkatan literasi dan numerasi siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil AKM yang menunjukkan peningkatan persentase kemampuan literasi sebanyak 11 % dan peningkatan numerasi sebanyak 14%. dapat disimpulkan bahwa pembelajaran interaktif terbukti memiliki dampak dalam peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa di SDN 060890 Medan Polonia.

References

Kajian Pendidikan IPA, J., HardyantiT, R., Subagiyo, L., Qadar, R., & Keguruan dan, F. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Audio-Visual Dengan Aplikasi Powtoon Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Fisika Di SMK Negeri 6 Samarinda. In Jurnal Kajian Pendidikan IPA (Vol. 1, Issue 1). www.powtoon.com

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916–924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041

Tarigan, D., & Siagian, D. S. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN EKONOMI. In Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan (Vol. 2, Issue 2).

Wulandari, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika Di SMP 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43–48. https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4891

Downloads

Published

2023-07-09

How to Cite

Anatia Simamora, & Didiek Tranggono. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA DI SDN 060890 MEDAN POLONIA. Guruku: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(2), 53–63. https://doi.org/10.59061/guruku.v1i2.245

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.