Memahami dan Mengimplementasikan Strategi Pembelajaran Langsung (Direct Instruction)

Authors

  • Gusmaneli Gusmaneli Universitas Islam Negri Imam Bonjol Padang
  • Widya Febriani Universitas Islam Negri Imam Bonjol Padang
  • Syaza Sahira Universitas Islam Negri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.59061/guruku.v2i2.636

Keywords:

Strategy, Direct Learning, Implementation

Abstract

This article discusses the meaning of direct learning strategies. The method used is library research methodology and is qualitative because it collects data from various books and journals. The purpose of this article is to help understand and implement hands-on learning strategies. Based on the explanation above, we can conclude that: First, direct learning strategies are a form and approach to teacher-centered learning (teacher-centered approach). This is said because the teacher plays a very dominant role in this strategy. Second, the stages of implementation and application of direct learning strategies (direct instruction) can be achieved through: Teachers communicating goals, preparing students, demonstrating teacher knowledge and skills, guiding training, checking understanding, providing feedback, and providing further practice and opportunities. Third, the advantages of direct learning are: There is a focus on learning and guidance and control from the teacher. The weakness of this strategy is that it cannot be used with students who have poor listening skills.

References

Akrim. 2022. Buku ajar strategi pembelajaran. Jakarta: Umsu Pres.

Arifin, A. 2023. Implementasi Model Pembelajaran Pengajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PJOK Materi Gerak Spesifik Permainan Bola Basket di Kelas VII-G SeMESTER 1 SMPN 1 Bolo Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 3(1). https://bimaberilmu.com/jurnal/index.php/jppi/article/view/311

Asmidar, Parapat 2020. Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Panduan Bagi Orang Tua, Guru, Mahasiswa, dan Praktisi PAUD. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Awaliah, F. P., Parameswara, M. C., & Rustini, T. 2022. Analisis Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Langsung yang dilakukan oleh Guru dalam Strategi Penyampaian Materi IPS di SD Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 10352-10356. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/10032/7655

Darmawani, Evia. 2018. Metode Ekspositori dalam Pelaksanaan Bimbingan Konseling Klasikal. Jurnal Wahana Konseling, 1(2). https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/juang/article/view/2098

Elihami dan Abdullah Syahid. 2018. Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. Edumaspul: Jurnal Pendidikan 2. 1 https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/17

Farid, Nasrulloh. 2020. Efektivitas Strategi Pembbelajaran Think Talk Write (TTW) Pada Pembelajaran Matematika. Jombang: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.

Guntur, Muh. 2022. Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Selat Media Patners.

Harahap, M. A. 2017. Penerapan Strategi Pembelajaran Langsung dengan Metode Drill untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Keterampilan Pelaksanaan Ibadah Pokok Bahasan Pengurusan Janazah di MTs Al-Ma’shum Rantauprapat Labuhanbatu. Edu-Riligia: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 1(3) https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia/article/view/974/755

Herlina, Elin, Dkk. 2022. Strategi Pembelajaran. Makassar: CV Tohar Media.

Hermayanti, Sitti. 2022. Strategi Pembelajaran (Macam-Macam Strategi Pembelajaran yang Dapat Diterapkan Guru) Sumber Elektronis GMD. Surabaya: Inoffast Publishing. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/biotik/article/view/5652/3592

Jauharin Ummu Farda, Dkk. 2023. Pembelajaran Berdiferensiasi di SD/MI (Penerapan Strategi Four Me pada Pembelajaran IPAS). Semarang: Cahya Ghani Recovery.

Kharani, K. 2018. Penerapan Model Pengajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Pendidikan Guru, 1(1), 119-129. https://pigur.ejournal.unri.ac.id/index.php/pigur/article/view/5489/5128

Maulana, Asep. 2023. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nurhasanah, Siti. 2019. Strategi Pembelajaran. Jakarta: EDU Pustaka.

Retno, Dyah. 2016. Strategi Penegmbangan Perilaku Adaptif Anak Tunagrahita Melalu Model Pembelajaran Langsung. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) 12. 1. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk/article/view/12840

Ridwan, Abdullah Sani. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo.

Setiawan, Hasrian Rudi. 2022. Strategi Pembelajaran Langsung (Upaya Peningkatan dan Motivasi Hasil Belajar Siswa). Kumpulan Berkas Kepangkatan Dosen. Medan: Redaksi.

Simatupang, Halim. 2019. Strategi Belajar Mengajar Abad-21. Pustaka Media Guru.

Trinova, Zulvia. 2020. Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Banten: Cv. AA Rizky.

Umran Muh, Dkk. 2023. Strategi Manajemen Humas Dalam Konsep Teoritis. Pasaman Barat: CV Azka Pustaka.

Yanti, W. 2019. Penggunaan model pembelajaran langsung (direct instruction) untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 15 Kota Takengon tahun pelajaran 2018-2019. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 7(2), 115-120. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/biotik/article/view/5652/3592

Published

2024-04-25

How to Cite

Gusmaneli Gusmaneli, Widya Febriani, & Syaza Sahira. (2024). Memahami dan Mengimplementasikan Strategi Pembelajaran Langsung (Direct Instruction). Guruku: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(2), 48–59. https://doi.org/10.59061/guruku.v2i2.636