Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program Studi Manajemen

Authors

  • Muhamad Hanung Isma Sasongko Universitas PGRI Semarang
  • Noni Setyorini Universitas PGRI Semarang
  • Ratih Hesti Utami P Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.59061/masip.v1i3.322

Keywords:

Lifestyle, Self-Control, Financial Literacy, and Consumptive Behavior

Abstract

This study aims to determine the influence of lifestyle on consumptive behavior, determine the influence of self-control on consumptive behavior and determine the influence of financial literacy on consumptive behavior. In this study, researchers used quantitative methods using primary data and survey techniques as data collection techniques. The respondents of this study were 276 students of PGRI Semarang University, Faculty of Economics and Business, Management Study Program by distributing questionnaires through google form. The results of the t-test study of lifestyle variables have a significant effect on student consumptive behavior. Self-control variables did not have a significant effect on students' consumptive behavior. Financial literacy variables have a significant effect on student consumptive behavior. Test F (Simultaneous Test) showed a f_hitung value of 62,508 with independent variables of lifestyle, self-control, and financial literacy having a significant simultaneous effect on student consumptive behavior.

References

Alvara Research Center. (2022). Produk yang Paling Rutin Dibelanjakan Anak Muda. Diakses pada tanggal 10 Oktober 2022 dari

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/

/ini-sederet-produk-yang-paling-rutin-dibelanjakan-anak-muda.

Anggraini, Ranti Tri, Fauzan, dan Heru Santhoso. (2017). “Hubungan Antara Gaya Hidup Hedonis Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja.” Gadjah Mada Journal Of Psychology, 3(3) : 131–140.

Dikria, Okky., dan Sri Umi Mintarti W. (2016). “Pengaruh Literasi Keuangan Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2013.” Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol.09, No.2 16 (22) : 119–28.

Dola Asmita dan Erianjoni Erianjoni. (2019). “Perilaku Konsumtif Mahasiswi dalam Mengikuti Trend Fashion Masa Kini (Studi Kasus Mahasiswi Sosiologi FIS UNP).” Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, 1(2): 105–12.

Drifanda. (2018). “Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Semarang.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 3(2) : 45–48.

Fattah, Mintasih Indriayu, dan Sunarto. (2018). “Literasi Keuangan dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar.” Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, Vol.4, No.1.

Risnawita, R. (2012). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Hariyono, Pulyadi. (2015). Hubungan Gaya Hidup dan Konformitas dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Samarinda. e-journal Psikologi, 3(2) : 569-578

Katadata Insight Center (KIC). (2021). Kondisi Keuangan Konsumen saat Pandemi Corona. Diakses pada tanggal 10 Oktober 2022 dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/03/23/survei-kic mayoritas-pengeluaran-konsumen-lampaui-pendapatan-saat-pandemi.

Kotler, P., dan Keller, K, L. (2016). Marketing Management 16 Edition. New Jersey: Pearson.

Kurnia dan Lukmanul Hakim. (2021). “Pengaruh Literasi Keuangan, Kontrol Diri, dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa.” Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3: 19–29.

Melina, Angra M.Pd.E dan Saftian Wulandari (2018). Pengaruh literasi ekonomi dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pendidikan ekonomi TKIP YPM BANGKO. Scientific journals of economic education, Vol.2, No.1.

Monks, F.J., Knoers, A.M. P. dan Haditono, S. (2006). Psikologi perkembangan: Pengantar dalam berbagai bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Mowen, J. C., dan Minor, M. (2008). Perilaku konsumen. Jakarta: Erlangga.

Hermin, Nainggolan (2022). “Pengaruh Literasi Keuangan, Kontrol Diri, dan Penggunaan E-Money Terhadap Perilaku Konsumtif Pekerja Produksi PT Pertamina Balikpapan.” Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1): 810–26.

Program for International Student Assessment (PISA). (2012). Financial Literacy Assesment Freamwork. Amerika : International Network on Financial Education OECD. Diakses pada tanggal 15 Oktober 2022 dari https://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/46962580/.

Pulungan, Delyana Rahmawaty, dan Hastina Febriaty. (2018). “Pengaruh Gaya Hidup dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa.” Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(3): 1–8.

Qurotaa’yun, Zahra. (2019). “Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Milenial di Kota Bandung.” Journal Accounting and Finance, Vol.3, No.1.

Santrock, J.W. (2007). Remaja([Teenage). Jakarta: Erlangga.

Sumartono. (2002). Terperangkap dalam Iklan: Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi. Bandung: Alfabeta.

Wijaya, F. (2018). Pengaruh Financial Literacy, Peer Group, dan Konsep Diri Terhadap Perilaku Konsumtif. Economic Education Analysis Journal, (Semarang: Universitas Negeri Semarang).

Downloads

Published

2023-07-24

How to Cite

Muhamad Hanung Isma Sasongko, Noni Setyorini, & Ratih Hesti Utami P. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program Studi Manajemen . Masip: Jurnal Manajemen Administrasi Bisnis Dan Publik Terapan, 1(3), 84–105. https://doi.org/10.59061/masip.v1i3.322

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.