Pengaruh Self Efficacy dan Prestasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa SMKN 48 Jakarta

Authors

  • Septi Lis Anandita Universitas Negeri Jakarta
  • Santi Susanti Universitas Negeri Jakarta
  • Marsofiyati Marsofiyati Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59061/dinamikapublik.v3i2.1128

Keywords:

Academic achievement, Higher education interest, Self-efficacy

Abstract

This study aims to determine the influence of self-efficacy and academic achievement on students’ interest in pursuing higher education at SMK Negeri 48 Jakarta. The research used a quantitative approach with a survey method and questionnaire as the main instrument. The sample consisted of 168 eleventh-grade students selected through stratified random sampling. The results showed that self-efficacy had a positive and significant effect on students' interest in continuing education, while academic achievement had a positive but not statistically significant partial effect. However, both variables simultaneously had a significant influence on students' interest in higher education. These findings emphasize the importance of self-confidence and academic success in shaping students’ readiness and motivation to pursue further education. This research is expected to serve as a reference for schools and parents in providing both psychological and academic support to students.

References

Abdelradi, F. (2018). Food waste behaviour at the household level: A conceptual framework. Waste Management, 71, 485–493. https://doi.org/10.1016/j.wasman.2017.10.001

Amili, I., Boekoesoe, Y., & Murtisari, Aa. (2018). Analisis ekonomi rumah tangga petani jagung di Desa Telaga Kecamatan Popayato Kabupaten Pohuwato. Jurnal Ilmiah Agribisnis, 3(1), 21–29.

Amirullah, A. H. T., & Rafsanjani, M. A. (2022). Pengaruh self efficacy dan lingkungan pendidikan terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi (Studi kasus siswa kelas 12 SMA Negeri 1 Cerme). Buana Pendidikan, 18(2), 259–269.

Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.

Ariani, M., Tarigan, H., & Suryana, A. (2022). Critical review of food waste: The magnitude, causes, impacts, and policy strategies. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 39(2), 137–148. http://dx.doi.org/10.21082/fae.v39n2.2021.137-148

Awalin, A. R., Damayanti, S. W. P., Ilmi, H. M., Wulandari, R. N. A., & Puspasari, D. (2024). Public relations strategy in improving the image of East Java Bappeda: A review of its digitalization strategy. Journal of Office Administration: Education and Practice, 4(2), 69–81.

Ayuni, V. Q., & Wahjudi, E. (2021). Pengaruh lingkungan sekolah dan self efficacy terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan status sosial ekonomi orang tua sebagai variabel moderasi. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 9(2), 110–122.

Barokah, N., & Yulianto, A. (2019). Pengaruh lingkungan sekolah, self efficacy, dan status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan pendidikan tinggi dengan prestasi belajar sebagai variabel mediasi. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 434–452.

Durrotunnafisa, D., & Rosy, B. (2024). Pengaruh pendidikan orang tua, pendapatan orang tua, dan prestasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 2916–2926.

Fatimah, S. (2018). Pengaruh potensi diri, prestasi belajar, dan status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan pendidikan ke Fakultas Ekonomi di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(2).

Feryani, C., Harapan, E., & Fahmi, M. (2022). Pengaruh dorongan orang tua dan prestasi belajar terhadap minat siswa SMK melanjutkan ke perguruan tinggi. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5897–5904.

Fitri, E., Ramayani, C., & Areva, D. (2023, June). Pengaruh pendapatan orangtua, prestasi belajar, efikasi diri, informasi perguruan tinggi dan lingkungan keluarga terhadap minat siswa kelas XII SMA Negeri 1 Nan Sabaris melanjutkan studi ke perguruan tinggi. In Strategi Inovasi, Pendidikan Ekonomi, Ilmu Sosiologi Politik, Bisnis dan Accounting di Era New Normal (Edisi Khusus).

Haq, M. A., & Setiyani, R. (2016). Pengaruh prestasi belajar, kondisi sosial ekonomi orang tua dan self efficacy terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa IPS. Economic Education Analysis Journal, 5(3), 1034–1034.

Lombok, V. V., & Samadi, R. L. (2022). Pengaruh brand image, brand trust dan digital marketing terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Emina (Studi kasus pada mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(3), 953–964.

Nadhila, M. S. (2023). Pengaruh motivasi belajar dan status ekonomi orang tua terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Arus: Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 2(3), 246–252.

Nugraheni, I. L. (2018). Hubungan self efficacy terhadap motivasi berprestasi pada mahasiswa Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Lectura: Jurnal Pendidikan, 9(1), 52–64.

Nuraini, D. (2023). Pengaruh prestasi belajar dan pendapatan orang tua terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa SMK Negeri 49 Jakarta [Doctoral dissertation, Universitas Negeri Jakarta].

Oryza, S. B., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh motivasi belajar dan status sosial ekonomi orangtua terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi dengan prestasi belajar sebagai variabel mediasi. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 5(1), 23–36.

Putra, S. S., & Irianto, A. (2023). Pengaruh prestasi belajar siswa dan motivasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI IPS SMAN di Kecamatan Koto Tangah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 5224–5230.

Putri, L. D. P., & Rapih, S. (2023). Pengaruh lingkungan sosial dan prestasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran), 8(5), 510–520.

Rokhimah, S. (2014). Pengaruh dukungan sosial dan efikasi diri terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa SMA Negeri 1 Tenggarong Seberang. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(3).

Sasmi, H. E. (2022). Pengaruh lingkungan sekolah dan self-efficacy terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi melalui mediasi prestasi belajar peserta didik SMK Program Keahlian Akuntansi Keuangan Lembaga Jakarta Pusat [Doctoral dissertation, Universitas Negeri Jakarta].

Solihat, S., Nurfitri, T., & Nawarini, A. T. (2020). Pengaruh potensi diri, lingkungan sekolah dan tingkat pendidikan orang tua terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi di MAN 1 Banyumas. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi, 22(3), 368–377.

Downloads

Published

2025-07-12

How to Cite

Septi Lis Anandita, Santi Susanti, & Marsofiyati Marsofiyati. (2025). Pengaruh Self Efficacy dan Prestasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa SMKN 48 Jakarta. Dinamika Publik: Jurnal Manajemen Dan Administrasi Bisnis, 3(2), 67–82. https://doi.org/10.59061/dinamikapublik.v3i2.1128

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.