Pengalaman Pancasila dalam Kehidupan Kampus : Analisis Implementasi Nilai-Nilai Pancasila di Lingkungan Perguruan Tinggi Universitas Negeri Medan
DOI:
https://doi.org/10.59061/guruku.v2i3.689Keywords:
Pancasila education, higher education, Pancasila values, implementation, studentsAbstract
Pendidikan Pancasila memiliki peran penting dalam membentuk karakter generasi muda Indonesia, khususnya di perguruan tinggi yang berperan sebagai institusi pendidikan dan pengembangan nilai-nilai moral. Pancasila, sebagai ideologi dan dasar negara, perlu diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari guna menciptakan generasi yang berintegritas dan berjiwa nasionalisme. Penelitian ini bertujuan menganalisis sejauh mana nilai-nilai Pancasila diterapkan di lingkungan kampus dan bagaimana pengaruhnya terhadap perilaku mahasiswa dan civitas akademika. Menggunakan metode kuantitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa Universitas Negeri Medan (Unimed). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa Unimed memperhatikan dan menganggap penting nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kampus, dengan persentase 82.6% sering memperhatikan dan 95.7% menganggap penting peran dosen dalam mengajarkan nilai-nilai tersebut. Namun, terdapat tantangan dalam implementasi nilai-nilai Pancasila, seperti perbedaan interpretasi, pengaruh globalisasi, serta kurangnya pemahaman dan komitmen dari seluruh elemen kampus. Meski demikian, sebagian besar mahasiswa memiliki pandangan positif terhadap implementasi nilai-nilai Pancasila di kampus, meskipun ada ruang untuk perbaikan. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya pendidikan karakter berbasis Pancasila dan memberikan rekomendasi untuk peningkatan implementasi nilai-nilai tersebut di perguruan tinggi.
References
Habibah, S. M., & Florence, C. (2023). PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA GENERASI MILENIAL INDONESIA SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN WAWASAN KEBANGSAAN. Jurnal Pertahanan dan Bela Negara, 13(2), 88-101.
Hadiwijono, A. (2016). Pendidikan Pancasila, eksistensinya bagi mahasiswa. Jurnal Cakrawala Hukum, 7(1), 82-97.
Hastangka, H., & Prasetyo, D. (2021). Implementasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 9(1), 47-53.
Hidayat, S. I. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila di Perguruan Tinggi Melalui Pemberian Mata Kuliah Pendidikan Bela Negara. Jurnal UPN “Veteran” Jawa Timur.
Istianah, A., Mazid, S., Hakim, S., & Susanti, R. (2021). Integrasi nilai-nilai pancasila untuk membangun karakter pelajar pancasila di lingkungan kampus. Jurnal Gatranusantara, 19(1), 62-70.
Malik, A. N. R., Ferdila, J., Haqni, C. Z., Fadila, I. N., & Putri, A. P. (2024). Implementasi Nilai Nilai Pancasila dalam Kehidupan Kampus. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial dan Humaniora, 2(2), 278-291.
Mega, C. K., & Saingo, Y. A. (2024). Implementasi Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Kupang. MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 141-151.
Nurafifah, W., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(4), 98-104
Widiastuti, A., & Dewi, D. A. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Solusi Dari Tantangan Generasi Milenial. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1015-1023.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Guruku: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.