Evaluasi Fitur dan Potensi Aplikasi Qanda sebagai Media Belajar Mandiri Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Anisa Jahro Pandiangan Universitas Negeri Medan
  • Alvina Khairunisa Universitas Negeri Medan
  • Tasya Azra Zulaikha Siregar Universitas Negeri Medan
  • Syahrial Syahrial Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.59061/guruku.v3i2.993

Keywords:

Learning Media, Mathematics, Qanda

Abstract

The development of digital technology has brought significant changes to education, encouraging more interactive and independent learning approaches. Artificial intelligence (AI)-based learning applications like Qanda have emerged as one solution to help elementary school students learn independently, especially in mathematics, which is often considered a difficult subject. Qanda offers features such as scanning math problems with OCR technology, a learning community for collaboration, Indonesian language support, a formula calculator, and daily quizzes. Evaluations of Qanda demonstrate its potential as an independent learning medium that is friendly for elementary school students. This research uses a qualitative method with literature studies and analysis of user reviews of the application.

References

Ambarita, D. H., Panjaitan, S. M., & Gultom, S. P. (2024). Efektivitas pembelajaran dengan project based learning berbantuan aplikasi QANDA dalam pemecah masalah peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 13(2), 113–121.

Ardiansyah, M., & Fadhila, S. (2022). Aplikasi pembelajaran berbasis AI sebagai solusi pembelajaran matematika modern. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran Abad 21, 1(1), 22–30.

Fitriani, N., & Maulana, H. (2022). Literasi digital guru matematika dalam penggunaan aplikasi pembelajaran berbasis kecerdasan buatan. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 8(2), 88–97.

Hidayat, R., & Dewi, N. R. (2021). Pemanfaatan aplikasi berbasis AI dalam menunjang pembelajaran matematika di masa pandemi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(1), 45–53.

Kam, K., & Sila, S. (2020). Panduan guru terhadap aplikasi QANDA. Aplikasi QANDA.

Kusuma, A., & Rahmawati, I. (2023). Studi kasus penggunaan QANDA oleh siswa sekolah menengah atas dalam belajar matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(3), 120–129.

Nugrahani, T. R. (2021). Transformasi digital dalam pendidikan matematika: Peluang dan tantangan. Jurnal Pendidikan Digital, 3(1), 14–22.

Putra, A. R., & Safitri, D. (2023). Integrasi aplikasi pembelajaran berbasis AI dalam pembelajaran daring. Jurnal Edutech Indonesia, 5(2), 92–100.

QANDA. (2024). QANDA. Diakses dari https://en.wikipedia.org/wiki/QANDA

Ranisa, S., Sintia, E., Andhika, M. Y., & Wahyudi, A. (2024). Manfaat integrasi teknologi dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 18(2), 175. https://doi.org/10.52434/jpu.v18i2.41758

Setiawan, D., & Lestari, M. (2020). Pengaruh penggunaan teknologi digital terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 33–40.

Suryabrata, S. (1984). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rajawali.

Wardani, E. K., & Prasetyo, A. D. (2020). Efektivitas pembelajaran matematika melalui platform digital: Studi komparatif antara QANDA dan Photomath. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 66–74.

Wijayanti, A., & Sari, R. (2022). Analisis efektivitas QANDA dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 11(1), 56–64.

Yuliana, R., & Nugroho, S. (2022). Persepsi siswa terhadap penggunaan aplikasi QANDA dalam memahami materi aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 210–218.

Downloads

Published

2025-05-16

How to Cite

Anisa Jahro Pandiangan, Alvina Khairunisa, Tasya Azra Zulaikha Siregar, & Syahrial Syahrial. (2025). Evaluasi Fitur dan Potensi Aplikasi Qanda sebagai Media Belajar Mandiri Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar. GURUKU : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(2), 199–209. https://doi.org/10.59061/guruku.v3i2.993

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.