Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Jasa Transportasi Bus Pariwisata PT. Midas Transportasi Bogor
DOI:
https://doi.org/10.59061/masip.v1i4.459Keywords:
Service Quality, Price, Consumer SatisfactionAbstract
The tight competition among companies engaged in tourism bus transportation services encourages companies to look for the right marketing strategy so that the company can win the competition, one strategy to win the competition is to provide customer satisfaction. Factors that influence customer satisfaction include service quality and price. This study aims to analyze the effect of service quality and price on consumer satisfaction of PT. Midas Transportation Bogor. Based on the results of this research is expected to be useful as input and information for the PT. Midas Transportation Bogor regarding the factors that influence customer satisfaction such as service quality, and price in order to be able to meet the criteria of customer satisfaction. The population of this study are consumers who have used the tourism bus transportation services of PT. Midas Transportation Bogor. The sample in this study were 64 consumers of tourism bus transportation services of PT. Midas Transportation Bogor. Testing the coefficient of determination (R2) is 51.4% while the rest is 48.6%. The relationship between service quality and price is strong with a correlation coefficient of 0.717. Based on the results of hypothesis testing, it shows that the variables of service quality and price simultaneously or partially have a positive and significant effect on consumer satisfaction of tourism bus transportation services at PT. Midas Transportation Bogor.
References
Abdullah, T., & Tantri, F. 2014. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Alma, B. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.
Amiruddin, A., Z. 2017. Pengaruh Harga Tiket, Kualitas Pelayanan, dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Kelas Bisnis PO. Muji Jaya Citra Mandiri. Kudus : Jurnal Studi Manajemen Bisnis, Vol. 1, No. 1, Hal. 1- 10, Januari. Diakses pada tanggal 01 April 2022 pukul 19:20 WIB. https:// jurnal.umk.ac.id
Andriansyah. 2015. Manajemen Transportasi Dalam Kajian dan Teori. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr Moestopo Beragama. Jakarta.
Assauri, S. 2018. Manajemen Pemasaran. Cetakan 16. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Asti, E., G., & Ayuningtyas, E., A. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Bekasi : Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, Vol. 1, No. 01, Hal. 1- 14, Januari. Diakses pada tanggal 26 Mei 2022 pukul 19:51 WIB. https:// journal.lppmpelitabangsa.id
Aswad, S., Realize & Wangdra, R. 2018. Pengaruh Harga, dan Kualitas Pelayanan, Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Air Bersih Masyarakat Kampung Air Batam Center. Batam : Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol. 6, No. 2, Hal. 77- 85, Juli. Diakses pada tanggal 24 Mei 2022 pukul 19:51 WIB. https:// ejournal.upbatam.ac.id
Aulia, M., & Hidayat, I. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Amanda Brownies. Surabaya : Jurnal Ilmu Riset Manajemen, Vol. 6, No. 05, Hal. 1- 17, Januari. Diakses pada tanggal 26 Mei 2022 pukul 17:51 WIB. https:// http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/
Firmansyah, A. 2018. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Deepublish. Yogyakarta.
Firmansyah, A. 2019. Pemasaran Produk dan Merek (Planning Strategy). Cetakan Pertama. CV. Penerbit Qiara Media. Surabaya.
Fuadi, N. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Harga Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Pengunna Jasa PO. Harapan Jaya. Kediri : Jurnal SENMEA, Vol. 6, No. 1, Hal. 1339- 1345, September. Diakses pada tanggal 01 Februari 2022 pukul 19:20 WIB. https://proceeding.unpkediri.ac.id
Hasibuan, M. 2016. Manajemen : Dasar, Pengertian, Masalah. Edisi Revisi. PT. Bumi Aksara. Jakarta:
Haryoko, U., B., Pasaribu, V., L., & Ardiansyah. 2020. Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Firman Dekorasi (Wedding Organizer). Banten : Jurnal Ekonomi Manajemen, Vol. 2, No. 1, ISSN : 2656-775X, Hal. 1-17, Juni. Diakses pada tanggal 27 Mei 2022 pukul 19:50 WIB. https:// ejournals.umma.ac.id
Kotler, P., & Amstrong, G. 2016. Prinsip - Prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Erlangga. Jakarta.
Kotler, P., & Keller, K. 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1 & 2. PT. Indeks. Jakarta.
Lesmana, R., & Ratnasari. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Radekatama Piranti Nusa. Banten : Jurnal Pemasaran Kompetitif, Vol. 2, No. 2, ISSN : 2598-2893, Hal. 115 – 129, Februari. Diakses pada tanggal 25 Mei 2022 pukul 19:24 WIB. https://openjournal.unpam.ac.id
Maramis, S, F., Sepang, L, J., & Soegoto, A. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Air Manado. Manado : Jurnal EMBA, Vol. 06, No. 3, ISSN : 2303-1174, Hal. 1658 – 1667, Juli. Diakses pada tanggal 25 Mei 2022 pukul 19:49 WIB. https://ejournal.unsrat.ac.id
Mariansyah, A, & Syarif, A. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Kabalu. Palembang : Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, Vol. 03, No. 2, ISSN : 2655-8531, Hal. 134-146, September. Diakses pada tanggal 25 Mei 2022 pukul 19:45 WIB. https:// journal.binadarma.ac.id
Putri, M. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Bus Pariwisata Merpati Trans. Skripsi, Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universtas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta. Diakses pada tanggal 01 Mei 2022 pukul 19:10 WIB. http://eprints.ums.ac.id/
Ratih, H. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta. Bandung.
Sinaga, L., Efendi, N., & Harori, M. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Transportasi Bus Damri. Lampung : Jurnal Persfektif Bisnis, Vol. 3, No. 2, ISSN : 2721-1363, Hal. 89-96, November. Diakses pada tanggal 01 Februari 2022 pukul 20:00 WIB. http://jpb.fisip.unila.ac.id
Sugiyono. 2017. Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung.
Suparyanto, & Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran. In Media. Yogyakarta.
Suprapto, R., & Azizi, Z. 2020. Buku Ajaran Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Myria Publisher. Ponorogo.
Supriyanti, R. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Transportasi Terhadap Kepuasan Konsumen Armada Bus Transzentrum Madu Kismo di Kabupaten Grobogan. Skripsi, Sarjana Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah, Surakarta. http://eprints.ums.ac.id
Swasta, B., & Handoko, T. H. 2016. Manajemen Pemasaran : Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. BPFE. Yogyakarta.
Tjiptono, F., & Chandra, G. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Edisi 4. ANDI. Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Masip: Jurnal Manajemen Administrasi Bisnis dan Publik Terapan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.