PERAN PEMASARAN DIGITAL DALAM MEMASARKAN PRODUK UMKM TELUR ASIN RAHAYU WILUJENG DI DESA NGLEBAK
DOI:
https://doi.org/10.59061/dinamikapublik.v1i2.246Keywords:
Pemasaran Digital, Pengabdian Masyarakat, UMKM Telur AsinAbstract
KKN-T Kewirausahaan adalah kegiatan pengabdian masyarakat yang dibentuk oleh Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur untuk menerapkan pengetahuan tentang berbagai topik yang berkaitan dengan kewirausahaan di masyarakat dalam perkuliahan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berlangsung selama tiga bulan dan dilakukan di Desa Nglebak, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang. Dalam kegiatan ini, Tim KKN-T 06 menggandeng salah satu UMKM yaitu UMKM Telur Asin Rahayu Wilueng. Tim KKN-T 06 mengidentifikasi adanya kendala pemasaran pada UMKM Telur Asin Rahayu Wilueng. Dengan adanya kendala tersebut, Tim KKN-T 06 memberikan solusi agar UMKM Telur Asin Rahayu Wilueng dapat memperluas jangkauan pemasarannya. Metode pelaksanaan yang digunakan pada program ini terdiri dari beberapa tahapan pelaksanaan yaitu survei, observasi dan FGD (Focus Group Discussion). Ketiga tahapan tersebut dilakukan dengan mengumpulkan informasi melalui wawancara dengan pelaku usaha. Setelah berdiskusi dengan pelaku usaha, Tim KKN-T 06 memberikan pengarahan dan pembuatan digital marketing untuk mengatasi kendala dalam bisnis telur asin. Solusi yang diberikan adalah mengganti kemasan produk dengan kemasan mika yang diberi stiker logo dan memberi pengetahuan serta pelatihan pemasaran digital. Dengan demikian, solusi yang diberikan oleh tim KKN-T 06 ini diharapkan dapat memperluas pemasaran Usaha Telur Asin Rahayu Wilujeng.
References
Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebriyanto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT : Implementation and Action, 2(2), 119-130.
Fitri, W., & Hamid, F. Z. (2020, September). Pengaruh Perubahan Logo (Rebranding) Danone terhadap Ekuitas Merek Aqua. Industrial Research Workshop and National Seminar, 888-889.
Setiawati, I., & Widyartati, P. (2017). Pengaruh strategi pemasaran online terhadap peningkatan laba UMKM. Proceedings, 1(1).
Wardhana, A. (2015, April). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV, 327-337.
Winata, D. F., & Gunawan, B. P. (2022). Peningkatan Inovasi dan Penjualan UMKM Sadel Rasing (Susu Kedelai Rasa Gak Asing) Melalui Strategi Pemasaran Digital. Among : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1-6.