Evaluasi Fitur dan Potensi Aplikasi Qanda sebagai Media Belajar Mandiri Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.59061/guruku.v3i2.993Keywords:
Learning Media, Mathematics, QandaAbstract
The development of digital technology has brought significant changes to education, encouraging more interactive and independent learning approaches. Artificial intelligence (AI)-based learning applications like Qanda have emerged as one solution to help elementary school students learn independently, especially in mathematics, which is often considered a difficult subject. Qanda offers features such as scanning math problems with OCR technology, a learning community for collaboration, Indonesian language support, a formula calculator, and daily quizzes. Evaluations of Qanda demonstrate its potential as an independent learning medium that is friendly for elementary school students. This research uses a qualitative method with literature studies and analysis of user reviews of the application.
References
Ambarita, D. H., Panjaitan, S. M., & Gultom, S. P. (2024). Efektivitas pembelajaran dengan project based learning berbantuan aplikasi QANDA dalam pemecah masalah peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 13(2), 113–121.
Ardiansyah, M., & Fadhila, S. (2022). Aplikasi pembelajaran berbasis AI sebagai solusi pembelajaran matematika modern. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran Abad 21, 1(1), 22–30.
Fitriani, N., & Maulana, H. (2022). Literasi digital guru matematika dalam penggunaan aplikasi pembelajaran berbasis kecerdasan buatan. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 8(2), 88–97.
Hidayat, R., & Dewi, N. R. (2021). Pemanfaatan aplikasi berbasis AI dalam menunjang pembelajaran matematika di masa pandemi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(1), 45–53.
Kam, K., & Sila, S. (2020). Panduan guru terhadap aplikasi QANDA. Aplikasi QANDA.
Kusuma, A., & Rahmawati, I. (2023). Studi kasus penggunaan QANDA oleh siswa sekolah menengah atas dalam belajar matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(3), 120–129.
Nugrahani, T. R. (2021). Transformasi digital dalam pendidikan matematika: Peluang dan tantangan. Jurnal Pendidikan Digital, 3(1), 14–22.
Putra, A. R., & Safitri, D. (2023). Integrasi aplikasi pembelajaran berbasis AI dalam pembelajaran daring. Jurnal Edutech Indonesia, 5(2), 92–100.
QANDA. (2024). QANDA. Diakses dari https://en.wikipedia.org/wiki/QANDA
Ranisa, S., Sintia, E., Andhika, M. Y., & Wahyudi, A. (2024). Manfaat integrasi teknologi dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 18(2), 175. https://doi.org/10.52434/jpu.v18i2.41758
Setiawan, D., & Lestari, M. (2020). Pengaruh penggunaan teknologi digital terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 33–40.
Suryabrata, S. (1984). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rajawali.
Wardani, E. K., & Prasetyo, A. D. (2020). Efektivitas pembelajaran matematika melalui platform digital: Studi komparatif antara QANDA dan Photomath. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 66–74.
Wijayanti, A., & Sari, R. (2022). Analisis efektivitas QANDA dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 11(1), 56–64.
Yuliana, R., & Nugroho, S. (2022). Persepsi siswa terhadap penggunaan aplikasi QANDA dalam memahami materi aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 210–218.
Downloads
- dijamin-oke-red-tiger-versi-pro
- cara-baca-rtp-live-versi-panjang-dengan-penjelasan-utama
- trik-menang-gg-soft-qris-25k-bocoran-hari-ini
- tips-trik-jili-rtp-viral
- strategi-maxwin-cepat-dengan-metode-dan-uraian-mendalam
- sbobet-analisis-rtp-maxwin
- pola-premium-no-limit-dijamin-oke
- pola-menang-microgaming-d3po-10k-ternyata-ini-caranya
- pola-hari-ini-jili-qris-cepat-rekomendasi-bintang-5
- operasional-habanero-trik
- metode-live-strategi-rtp
- hoki-parah-jili-pola-rtp
- data-rtp-analitik-main
- cara-maxwin-habanero-live
- cara-baru-mudah-menang-joker-d3po-10k-ternyata-ini-caranya
- cara-baru-kuasai-rtp-no-limit-d3po-5k-bocoran-hari-ini
- cara-baca-rtp-live-dengan-panduan-panjang-dan-mudah
- cara-baca-rtp-live-dengan-metode-terbaru-dan-jelas
- bonus-100-red-tiger-qris-10k-cara-menang-pola-hari-ini
- bocoran-pola-malam-ini-panduan-komplit-dengan-ulasan
- bocoran-pola-malam-ini-dengan-review-dan-komentar-terbaru
- analisa-sbobet-rtp-terperinci
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Guruku: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






