PENERAPAN SISTEM ADMINISTRASI PADA MADRASAH DINIYAH AWALIYAH

Authors

  • Wasiyem Wasiyem Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Pardamean Pardamean Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Siti Irna Fadilah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59061/masip.v1i2.235

Keywords:

Administrasi, Madrasah, Sistem

Abstract

Administasi pendidikan adalah suatu rangkaian kegiatan yang merupakan usaha mengelola dan bekerjasama antara suatu kelompok manusia yang ada dalam suatu organisasi pendidikan, konsep dan teori administrasi yang biasa kita kenal sebenarnya telah ada dalam Al-Qur’an sejak dahulu, misalnya seperti  bagaimana Allah SWT menciptakan dan mengelola alam semesta beserta isinya. Dalam agama islam sendiri administrasi dikenal dengan istilah “Idarah” dimana system administrasi tersebut harus sesuai dengan kaidah  Al-Qur’an dan Hadis. Penelitian ini metode kualitatif dengan menggunakan instrumen wawancara dengan menjadikan kepala sekolah dan guru menjadi subjeknya. Hasil dari penelitian ini Kepala sekolah menerapkan system administrasi dalam sekolah tersebut,dengan berpatokan pada sumber ajaran AL-`qur’an dan hadis serta mengambil referensi pada zaman kepemimpinan para Khalifah terdahulu dimana system administrasi yang diaplikasikan pada sekolah tersebut sangat baik dan sesuai dengan sisem administrasi secara umum. 

References

Abdussamad, H. Z., & SIK, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.

AlauddinSS, A. (2020). KUALITAS KEGIATAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN DI SEKOLAH DAN HUBUNGANNYA DENGAN PENGAWASAN PROFESIONAL. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(1), 49-56.

Azis, R. (2016). Pengantar Administrasi Pendidikan.

Hasbiyallah, H., & Ihsan, M. N. (2019). ADMINISTRASI PENDIDIKAN

Hidayati, H., Yuliyanti, N., & Ananda, Y. (2022). Peran Administrasi Pendidikan dan Dasar Perencanaan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Tugas Mata Kuliah Mahasiswa, 89-101.

Hilal Mahmud, M. M. (2015). Administrasi Pendidikan (menuju sekolah efektif). Penerbit Aksara TIMUR.

Oupen, S. M., Agung, A. A. G., & Yudana, I. M. (2020). Kontribusi kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, disiplin kerja, dan motivasi kerja, terhadap komitmen organisasional Guru SD. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 32-41.

Putra, N. H. (2021). Administrasi Publik Dalam Perspektif Islam: Kajian Pada Sistem Pemerintahan Umar Bin Khattab. Politica: Jurnal Hukum Tata Negara dan Politik Islam, 8(2), 17-24.

Suwirno, R., & Usmeldi, U. (2022). Efektivitas E-Modul Pembelajaran Instalasi Tenaga Listrik Berbasis Edutaiment. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 66-72.

Syukur, A., & Setiawan, A. (2021). Ruang Lingkup Dan Fungsi Administrasi Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an. El-FAKHRU, 1(1), 28-45.

Uhansyah, U. (2017). Pentingnya administrasi sekolah untuk kemajuan pendidikan. ITTIHAD, 15(27).

Waris, I. (2015). Pengaruh Administrasi Pendidikan Terhadap Kinerja Guru Di MI. DDI Sakeang KEC. Tompobulu KAB. Maros (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Wiryanto, W. (2020). Administrasi Islam di Indonesia: Administration of Islam in Indonesia. Restorica: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negar

Downloads

Published

2023-07-07

How to Cite

Wasiyem Wasiyem, Pardamean Pardamean, & Siti Irna Fadilah. (2023). PENERAPAN SISTEM ADMINISTRASI PADA MADRASAH DINIYAH AWALIYAH. Masip: Jurnal Manajemen Administrasi Bisnis Dan Publik Terapan, 1(2), 235–244. https://doi.org/10.59061/masip.v1i2.235

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.