SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2015 PADA PABRIK PENGOLAHAN TEH HITAM CTC PTPN XII SIRAH KENCONG

Authors

  • Jimmi Agato Manalu Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Ika Korika Swasti Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.59061/dinamikapublik.v1i2.251

Keywords:

Sistem Manajemen Mutu, ISO 9001:2015, PT Perkebunan Nusantara XII Bantaran

Abstract

PT Perkebunan Nusantara XII Bantaran adalah perusahaan yang bergerak di bidang agribisnis. Dalam kebijakan mutunya, PTPN XII menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015. Sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 adalah metode yang digunakan oleh suatu organisasi untuk mengendalikan dan mengarahkan kegiatannya guna mencapai hasil yang diinginkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan prinsip sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 pada pabrik pengolahan teh hitam CTC PTPN Sirah Kencong. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi.

References

Rachmawati, I. N. (2001). PElNGUMPULAN DATA DALAM PElNElLITIAN KUALITATIF: WAWANCARA. Jurnal Kelpelrawatan Indolnelsia, 1.

Rahayu, S. (2021). ElVALUASI PElNElRAPAN SISTElM MANAJElMElN MUTU ISOl 9001 : 2015 DI PPElI . Jurnal Administrasi Nelgara, 27-48.

Supriolnol, F. F. (2017). ANALISIS PElNElRAPAN SISTElM MANAJElMElN MUTU ISOl 9001:2015 DALAM MElNUNJANG PElMASARAN . Jurnal Administrasi Bisnis, 33.

ISOl 9001:2015 Quality managelmelnt systelms — Relquirelmelnts. (2015, selptelmbelr). Diambil kelmbali dari Intelrnatiolnal Olrganizatioln folr Standarizatioln: https://www.isol.olrg

Lubis, S. F., Sukwika, T., & Mulyawat, I. (2022). Elvaluasi Pelnelrapan Sistelm Manajelmeln Mutu (ISOl 9001:2015) pada PT. China Colmselrvicel Indolnelsia. JOlURNAL OlF APPLIElD MANAGElMElNT RElSElARCH (JAMR), 30-43.

Dirjeln, T. R. (2018). Stratelgi Sinkrolnisasi Implelmelntasi Sistelm Pelnjaminan Mutu Intelrnal (Spmi) Delngan Isol 9001 Prolgram Sarjana Ipb thel Implelmelntatioln olf Intelrnal Quality Assurancel Systelm (Spmi) With Isol 9001 Synchrolnizatioln Stratelgy (a Casel Study olf Undelrgraduatel Prolgram olf I. Jurnal Aplikasi Manajelmeln Dan Bisnis, 202– 211.

Sisilia Selptiningtyas, El. P. (2023). ANALISIS KElSElSUAIAN PRINSIP SISTElM MANAJElMElN MUTU ISOl 9001:2015 PADA BAGIAN PElNGOlLAHAN PROlDUK DI CV. FISH BOlSTElR CElNTREl, KABUPATElN SIDOlARJOl JAWA TIMUR. Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROlINFOl GALUH, 1122-1136.

Intelrnatiolnal Olrganizatioln folr Standarizatioln. (2015, selptelmbelr). ISOl 9001:2015 Quality managelmelnt systelms — Relquirelmelnts. Diambil kelmbali dari Intelrnatiolnal Olrganizatioln folr Standarizatioln: https://www.isol.olrg

Anugrahadi, Y. ,. (2022). THEl ElFFElCT OlF KNOlWLElDGEl SHARING AND COlMPElTElNCEl OlN COlMMITMElNT ATTHEl PUBMSDA OlFFICEl OlF SIDOlARJOl RElGElNCY. Jurnal Elkolnolmi dan Bisnis, 1440-1449.

Downloads

Published

2023-07-10

How to Cite

Jimmi Agato Manalu, & Ika Korika Swasti. (2023). SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2015 PADA PABRIK PENGOLAHAN TEH HITAM CTC PTPN XII SIRAH KENCONG. Dinamika Publik: Jurnal Manajemen Dan Administrasi Bisnis, 1(2), 126–133. https://doi.org/10.59061/dinamikapublik.v1i2.251