Pengaruh Suasana Toko, Promosi dari Mulut ke Mulut dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Menggunakan Jasa pada Suasana Barbershop Ketapang Aceh Besar
DOI:
https://doi.org/10.59061/jsit.v8i2.1236Keywords:
Decision to Use Services, Service Quality, Store Atmosphere, Word-of-Mouth PromotionAbstract
The purpose of this study was to determine the influence of Store ATMOSPHERE, Word-of-Mouth Promotion, and Service Quality on the Decision to Use Services at AMAZON Barbershop in Ketapang, Aceh Besar, both simultaneously and partially. The population in this study was unknown, and the sample size was 96 respondents. Data were collected through questionnaires and documentation studies. Hypothesis testing using multiple linear regression analysis, F-test (simultaneous) and t-test (partial) was intended to determine the effect of the independent variables on the dependent variable at a 95% confidence level. The results showed that, through partial tests, the variables Store Atmosphere, Word-of-Mouth Promotion, and Service Quality influenced the decision to use services at Suasana Barbershop Ketapang, Aceh Besar. A simultaneous test also examined the variables Store Atmosphere, Word-of-Mouth Promotion, and Service Quality.
References
Afifi, M. F., & Wahyuni, D. U. (2019). Pengaruh store atmosphere dan word of mouth terhadap keputusan pembelian melalui minat beli. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 8(1), 3.
Aisyah, N. (2018). Pengaruh fasilitas, kualitas layanan dan word of mouth terhadap keputusan berkunjung wisatawan Noars Rafting di Kabupaten Probolinggo (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945).
Arikunto, S. (2020). Metodologi penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Azizah, N. (2019). Analisis pengaruh Islamic store atmosphere, sales promotion, dan price discount terhadap impulse buying dengan shopping emotion sebagai variabel intervening (Studi pada konsumen Pand’s Muslim Department Store Semarang). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(1), 1–17.
Budiatmo, A. (2020). Pengaruh store atmosphere dan harga terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Gelael Ciputra Mall Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, 9(4).
Devito, J. (2018). Komunikasi antarmanusia. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.
Kotler, P. (2020). Manajemen pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2020). Manajemen pemasaran. Jakarta: PT Erlangga.
Kotler, P., Keller, K. L., & Keller, K. (2020). Manajemen pemasaran. Jakarta: PT Erlangga.
Laksana, F. (2018). Manajemen pemasaran: Pendekatan praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Madiawati, A. (2021). Pengaruh perilaku konsumen, store atmosphere, dan harga terhadap keputusan pembelian pada Aditi Coffee House & Space di era pandemi COVID-19. Jurnal Manajemen dan Bisnis: Performa, 18(1), 71–86.
Mandasari, R. (2019). Pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian pada Sanctuary di Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, Universitas Kristen Petra, Surabaya, Indonesia.
Mardhikasari, T. E. (2019). Pengaruh store atmosphere, lokasi toko, dan keragaman produk terhadap keputusan pembelian konsumen Mirota Kampus (Studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta) (Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta).
Nababan, E. Z. (2024). Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen di Classic Barbershop Menteng Raya. Jurnal Ekonomi Revolusioner, 7(8), 186–196.
Noerchoidah, N., Wahyu, M., & Menuk, C. (2022). Pengaruh word of mouth, store atmosphere, harga, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Cafe Kopi Konco. Journal of Sustainability Business Research, 3(1), 1–12.
Nofiawati. (2019). Pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian konsumen pada outlet Nyenyes Palembang. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 12(1).
Novianto, E. T. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada Hipster Barbershop, Blora). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(1), 1–11.
Parasuraman, A. (2020). Delivering quality service: Balancing customer perceptions and expectations. New York, NY: The Free Press.
Priansa, D. J. (2019). Citra merek dan word of mouth (peranannya dalam keputusan pembelian mobil Nissan Grand Livina). Jakad Media Publishing.
Safitri, I. (2019). Pengaruh store atmosphere, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian peralatan rumah tangga (Studi kasus pada konsumen Toko Iin Jaya Plastik di Temanggung). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(1).
Saleh, A. M. (2018). Public service communication: Praktik komunikasi SI. Malang: UMM Press.
Sugiyono. (2020). Metode penelitian bisnis. Bandung: CV Alfabeta.
Sumarwan, U., & A. G. (2020). Riset pemasaran dan komunikasi (Seri 2). Bogor: PT Penerbit IPB Press.
Tjiptono, F. (2018). Strategi bisnis pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Widiyanto, I. (2020). Pointers: Metodologi penelitian. Semarang: BP Undip.
Yamit, Z. (2017). Manajemen kualitas produk dan jasa. Yogyakarta: Ekonisia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Sains dan Ilmu Terapan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.














