Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Nissan

Studi pada Konsumen PT Wahana Wirawan Indomobil Plaza Aceh

Authors

  • Fadhlul Teuku Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Erlinda Erlinda Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Sulfitra Sulfitra Universitas Muhammadiyah Aceh

DOI:

https://doi.org/10.59061/jsit.v8i1.939

Keywords:

Price, Product Quality , Purchasing Decisions

Abstract

This study aims to examine the effect of price and product quality on purchasing decisions at PT. Wahana Wirawan Indomobil Plaza Aceh. The data collection technique uses a questionnaire. The method used is the associative method which aims to determine the magnitude of the influence of the independent variables (price and product quality) on the dependent variable (purchase decisions) partially and simultaneously. Determination of the sample using the census technique. The sample used in this study amounted to 98 consumers of PT. Wahana Wirawan Indomobil Plaza Aceh and were willing to be respondents. The results of the study indicate that price partially influences the purchasing decision of PT. Wahana Wirawan Indomobil Plaza Aceh and product quality partially influences the purchasing decision of PT. Wahana Wirawan Indomobil Plaza Aceh. 

References

Abdjul, R., Soegoto, A. S., & Soepeno, D. (2018). Analisis pengaruh inovasi produk, kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian mobil Nissan Grand Livina pada PT Wahana Wirawan Manado.

Abou-Moghli, A. A., Abdallah, G. M. Al, & Muala, A. Al. (2012). Impact of innovation on realizing competitive advantage in banking sector in Jordan. American Academic & Scholarly Research Journal, 4(5).

Adams, V., & Rapper. (2018). Cerebrovascular disease (6th ed.). New York: McGraw-Hill.

Alawiah, W., & Utama, A. P. (2023). Pengaruh kualitas produk, harga, dan citra merek pada keputusan pembelian mobil. Kajian Branding Indonesia, 5(1), 17–34.

Ambiyar, & Muharika. (2019). Metodologi penelitian evaluasi program. Bandung: Alfabeta.

Anjaningrum, W. D., & Sidi, A. P. (2018). Pengaruh orientasi pasar, inovasi dan kreativitas produk terhadap kinerja industri kreatif untuk mencapai keunggulan bersaing. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia.

Armstrong, G., & Kotler, P. (2003). Manajemen pemasaran (Edisi ke-9). Jakarta: PT Indeks Gramedia.

Bakti, S., & Harun, H. (2011). Pengaruh orientasi pasar dan nilai pelanggan terhadap kinerja pemasaran maskapai penerbangan Lion Air. Jurnal Manajemen Pemasaran Modern, 3(1), 1–14.

Bancin, J. B. (2023). Pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian mobil Nissan Grand Livina di PT Wahana Trans Lestari Medan.

Dalimunthe, M. B. (2017). Keunggulan bersaing melalui orientasi pasar dan inovasi produk. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen, 3(1).

Ferdinand, A. (2000). Manajemen pemasaran: Sebuah pendekatan strategik. Semarang: Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro.

Gerung, C. J., Sepang, J., & Loindong, S. (2017). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian mobil Nissan X-Trail pada PT Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(2).

Hardani, et al. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Grup.

Hidayatullah, S., Firdiansjah, A., & Patalo, R. G. (2019). Entrepreneurial marketing: Peningkatan kinerja pemasaran dengan entrepreneurial marketing.

Huda, I. U. (2020). Pengaruh store atmosphere dan brand awareness terhadap minat beli ulang konsumen pada Warung Kopi 88 Banjar Indah Permai melalui kepuasan konsumen. Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online), 4(4).

Manahera, M. M., Moniharapon, S., & Tawas, H. N. (2018). Analisis pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan terhadap inovasi produk dan kinerja pemasaran (Studi kasus UMKM Nasi Kuning di Manado). Jurnal EMBA, 6(4), 3603–3612.

Navarone, O. (2003). Analisis pengaruh tingkat kesuksesan produk baru dalam peningkatan kinerja pemasaran. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 2(1).

Nuralim, M. T., Hidayat, W., & Wijayanto, A. (2022). Pengaruh kualitas produk, citra merek, dan harga terhadap keputusan pembelian mobil Nissan Grand Livina PT Wahana Sun Motor Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(1), 94–101.

Permadi, M. F. (2000). Pengembangan konsep kinerja pasar. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 13(3).

Prasetya, D. I. (2002). Lingkungan eksternal, faktor internal, dan orientasi pasar: Pengaruhnya terhadap kinerja pemasaran. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 1(3).

Prasetyo, B. D. (2020). Strategy branding: Teori dan perspektif komunikasi dalam bisnis. Malang: UB Press.

Pratiwi, S. (2016). Pengaruh inovasi produk dan diferensiasi produk terhadap keunggulan bersaing pada sentra industri pakaian anak Pagarsih Bandung.

Putra, I. G. D., & Rahanatha, G. B. (2017). Peran inovasi produk memediasi orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran. E-Jurnal Manajemen, 6(8), 4361–4390.

Reniati. (2013). Praktek knowledge management pada perguruan tinggi melalui knowledge worker dan knowledge leader berbasis strategi MP3I.

Sahir, S. (2021). Metodologi penelitian. Medan: KBM Indonesia.

Santy, R. D., et al. (2018). The influence of product innovation and market orientation to competitive advantage (A survey on SMEs Batik Deden Tasikmalaya).

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode penelitian untuk bisnis: Pendekatan pengembangan-keahlian (Edisi ke-6). Jakarta: Salemba Empat.

Setiawan, H. (2012). Pengaruh orientasi pasar, orientasi teknologi dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing usaha songket skala kecil di Kota Palembang. Jurnal Orasi Bisnis, 8.

Setyo, P. E. (2017). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen “Best Autoworks.” Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(6). https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/404

Sudjana, N. (2017). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhaeni, T. (2018). Pengaruh strategi inovasi terhadap keunggulan bersaing di industri kreatif. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 4(1), 59.

Tarjo. (2019). Metode penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

Voss, G. B., & Voss, Z. G. (2000). Strategic orientation and firm performance in an artistic environment. Journal of Marketing, 64(1).

Downloads

Published

2025-05-06

How to Cite

Teuku, F., Erlinda Erlinda, & Sulfitra Sulfitra. (2025). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Nissan: Studi pada Konsumen PT Wahana Wirawan Indomobil Plaza Aceh. Jurnal Sains Dan Ilmu Terapan, 8(1), 264–279. https://doi.org/10.59061/jsit.v8i1.939

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.