Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Strategi Pemasaran Instagram terhadap Keputusan Pembelian Yourdayflower Bouquet Kecamatan Bangkinang Kota
DOI:
https://doi.org/10.59061/masip.v3i1.942Keywords:
Product Quality, Social Media Marketing Instagram, Purchase DecisionAbstract
This study aims to analyze the influence of product quality and Instagram marketing strategies on purchasing decisions for bouquets at Yourdayflower Bouquet, Bangkinang Kota District. The data collection methods used in this study are questionnaires and documentation. Data analysis was conducted quantitatively using multiple linear regression tests. Based on the partial test results (T-test), Instagram marketing strategies have a significant influence on bouquet purchasing decisions at Yourdayflower Bouquet. Meanwhile, the simultaneous test results (F-test) indicate that product quality and Instagram marketing strategies collectively impact purchasing decisions. The findings of this study confirm that both product quality and digital marketing strategies through Instagram play a crucial role in increasing consumer attraction and influencing their decision to purchase bouquets at Yourdayflower Bouquet. Therefore, optimizing digital marketing strategies and improving product quality can be strategic steps to enhance sales
References
Aghitsni, W. I., & Busyra, N. (2022). JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 6(3), 38–51.
Anshari, M. I., Nasution, R., Irsyad, M., Alifa, A. Z., & Zuhriyah, I. A. (2024). Analisis validitas dan reliabilitas butir soal sumatif akhir semester ganjil mata pelajaran PAI. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 964–975. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.5931
Aviany, R. N., & Rifandi, M. (2024). Analisis pengaruh struktur modal dan profitabilitas yang mempengaruhi nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sektor industri pertanian yang terdaftar di BEI periode 2018-2022. Jurnal Maneksi, 13(2), 354–361.
Fadhilah, S. (2024). Implementasi digital marketing melalui social media sebagai strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan pada pelaku usaha pemula. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 2105–2124. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3947
Giantika, G. G. (2019). Strategy pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi dan penjualan fashion Muslim online (Studi deskriptif kualitatif akun Instagram @zilohijab). Jurnal Komunikasi, 10(2), 169–175. https://doi.org/10.31294/jkom.v10i2.6219
Gitama, G. N. D. P., Fariza, M., Kartika, I., & Amroni, A. (2023). Pengaruh kualitas produk, harga, dan media sosial terhadap keputusan pembelian. Jurnal Digit, 13(2), 165. https://doi.org/10.51920/jd.v13i2.352
Insani, A. D. N., Sudarwati, S., & Marwati, F. S. (2023). Keputusan pembelian ditinjau dari citra merek, gaya hidup, dan keragaman produk merek Hanasui di Sukoharjo. Jurnal Ilmiah Edunomika, 7(2). https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie/article/view/10294
Irfan Syahroni, M. (2022). Prosedur penelitian kuantitatif. EJurnal Al Musthafa, 2(3), 43–56. https://doi.org/10.62552/ejam.v2i3.50
Kasmad, A. U., M. A., J. W., & S. I. (2021). Abdi Laksana jurnal pengabdian kepada masyarakat. 5(September), 565–573.
Muazaroh, N., Febriansah, R. E., & Indayani, L. (2024). Pengaruh harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Mie Setan Prigen Pasuruan. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 8(2), 1832–1839. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v8i2.1775
Nindya, A. (2023). Pengaruh penggunaan fitur Reels pada Instagram terhadap minat beli konsumen kedai kopi TMLST. Ikon – Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 29(2), 112–128. https://doi.org/10.37817/ikon.v29i2.3466
Nur Fitri Wulandari, T. K. I., Rahma Sabrina, & Gunawan Aji. (2023). Strategi bisnis dalam meningkatkan citra produk buket balon di sosial media. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(2), 164–175. https://doi.org/10.58192/profit.v2i2.741
Putri, E., & Gendalasari, G. (2024). Pengaruh persepsi harga, kualitas produk, dan brand image terhadap keputusan pembelian produk mie instan Gaga Mie. Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan, 3(3). https://doi.org/10.37641/jabkes.v3i3.2361
Rahmat Pratama, & Iswati, I. (2024). Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada supermarket Super Indo Kenjeran Surabaya. Lokawati: Jurnal Penelitian Manajemen dan Inovasi Riset, 2(5), 233–254. https://doi.org/10.61132/lokawati.v2i5.1199
Sopari, R. M., Alawiyah, W. D., Bisnis, A., Negeri, P., & Indonesia, B. (2023). Pengaruh visual content marketing dan copywriting terhadap tingkat engagement pengguna Instagram di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(3), 356–369.
Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan populasi dan sampel: Pendekatan metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif. Jurnal Metodologi Penelitian, 9, 2721–2731.
Sukatemin, S. (2023). Provinsi Papua Tengah. 1(1).
Tahitu, A., Tutuhatunewa, A. R., & Fadirubun, V. M. (2024). Pengaruh komunikasi organisasi terhadap gaya kepemimpinan lurah milenial di Kota Ambon. Jurnal BADATI, 6(1), 53–72.
Tarigan, F. A., Robin, R., & Angeline, S. (2024). Pengaruh digital marketing dan brand awareness terhadap keputusan pembelian pada produk Aqua di Desa Cinta Rakyat. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(2), 326–336. https://doi.org/10.31955/mea.v8i2.4031
Tejakusuma, S. P., Jakarta, P. N., & Jakarta, P. N. (2024). Pemanfaatan media sosial dalam rangka meningkatkan penjualan PT Utama Media Cemerlang. Jurnal Pemasaran Digital, 5(2024), 104–115.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Masip: Jurnal Manajemen Administrasi Bisnis dan Publik Terapan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.