Guru yang Peduli: Kepribadian Guru Membentuk Karakter Siswa
DOI:
https://doi.org/10.59061/guruku.v3i3.1039Keywords:
Teacher Personality, Caring, Student Character, SchoolAbstract
This article discusses the personality of caring teachers and their role in shaping student character in schools. Based on interviews with experienced teachers, this article identifies that caring teacher personalities play an important role in shaping positive student character. Caring teachers can increase student motivation, develop self-confidence, and shape positive attitudes. This article also discusses the importance of empathy, patience, and understanding student needs in shaping student character. The results of this study show that caring teacher personalities are essential in shaping students with noble character and achievement. Thus, this article can serve as a reference for teachers and education practitioners to understand the importance of caring teacher personalities in shaping student character.
References
Ardianingsih, N., Nurachadijat, K., Yurna, Y., Latifah, A., Qomariah, S., Sahroni, D., & Widaningsih, S. (2023). Peran kompetensi kepribadian guru PAI dalam pembentukan karakter religius profil pelajar Pancasila di SMP Karang Arum Kecamatan Cilengkarang Kabupaten Bandung. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 3(3), 94–109.
Gulo, M. F. J., Gulo, R. I. P., & Santosa, M. (2024). Pengaruh lingkungan terhadap pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 1–10.
Hartono, A. (2022). Strategi guru dalam membentuk karakter siswa melalui pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 123–135.
Hariyadi, H., & Fauzan, R. (2023). Peran guru dalam meningkatkan karakter siswa di era digital. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(2), 7968–7980.
Khofifah, S. (2023). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter anak di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2), 145–155.
MTs Mikhrajul Ulum Jambearum Sumberjambe Jember. (2020/2021). Strategi guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius peduli lingkungan.
Ningsih, P. O., Darsinah, & Ernawati. (2023). Pembentukan karakter pada lingkungan sekolah dasar. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 5(2), 123–135.
Nofriza Efendi dan tim. (2020). Pendidikan karakter peduli lingkungan melalui pembelajaran ilmu.
Putri, F. O., & Aslam. (2022). Kompetensi kepribadian guru dalam menyiapkan pembelajaran jarak jauh ditinjau dari pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 8(4), 1133–1140.
Rahmawati, F. (2023). Pengaruh kepribadian guru terhadap pembentukan karakter siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1), 56–67.
Retnaningtyas, W., & Zulkarnaen. (2023). Strategi guru dalam pembentukan karakter sosial anak usia dini di lingkungan sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 56–67.
Sari, N. (2022). Peran guru dalam membentuk karakter siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(1), 34–43.
Sudarsono, S. (2022). Peran guru dalam membentuk karakter siswa melalui pembelajaran berbasis karakter. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(2), 145–155.
Tanamal, D. T., Fadhil, M., & Yunus, A. (2024). Kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter siswa. Journal of Educational Research, 3(1), 393–406.
Thoyyibah, D., Attalina, S. N. C., & Widiyono, A. (2022). Pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap pembentukan karakter disiplin siswa kelas IV SDN 01 Bugel Kedung Jepara di era pandemi. Jurnal Al-Ulum, 22(1), 45–56.
Timbuleng, N., Lengkong, J., & Dapa, A. (2023). Kompetensi kepribadian guru dalam pembentukan karakter siswa di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(21), 1080–1096.
Widyastuti, E. T. P., Mataputun, Y., Kurniawan, D., & Tijow, M. A. (2023). Hubungan antara kompetensi kepribadian guru dengan karakter siswa di SMP Muhammadiyah Kota Jayapura Provinsi Papua. Jurnal Noken, 1(2), 56–62.
Wulandari, R. (2023). Pembentukan karakter siswa melalui pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 6(1), 34–43.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Guruku: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








