Efektivitas Tes MBTI Terhadap Keberhasilan Proses Konseling Kelompok

Authors

  • Nabila Dwi Putri Universitas Sriwijaya
  • Zulfa Nurfadhilah Ardalia Putri Universitas Sriwijaya
  • Noval Andra Alvido Universitas Sriwijaya
  • Ajeng Diah Rahmawati Universitas Sriwijaya
  • Ratna Sari Dewi Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.59061/guruku.v3i2.976

Keywords:

effectiveness, group counseling, group dynamics, MBTI, personality

Abstract

This article aims to examine the effectiveness of using the Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) in supporting the success of the group counseling process. The method used is a literature study by analyzing various literatures and national journals published in 2020-2025. The results showed that MBTI plays an important role in strengthening group dynamics, building effective communication, and developing facilitation strategies that are in accordance with the personality characteristics of each member. The use of MBTI allows counselors to form balanced groups, encourage active participation, and help members understand their potential and role in the group. In addition, MBTI has also been shown to support the process of self-reflection, decision-making, and personal development of counselees. Nonetheless, the application of MBTI should be done contextually and ethically so that it does not become a fixed label for individuals. Thus, MBTI can be a strategic tool in improving the overall effectiveness of group counseling.

 

 

References

Agustin, N. S. (2022). Analisis Kematangan Karir Siswa Kelas XII MA Negeri 2 Kutai Kartanegara dengan Asesmen MBTI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4487-4491.

Arlinanda,L.P.H., Nazhrah,A.K., Putri,A.T.T., Jannah,M.N., Charistyeva,C., Muharani,H.A.Z., Atarila,A.P., &Simamora,F.T. (2025). Hasil ketepatan dalam relevansi myers-briggs type indicator (mbti) mahasiswa Universitas Negeri Semarang dalam kehidupan sosial di kampus. Jurnal Mediasi,4(2).

Asmaida & Darmayanti,N. (2024). Peran konseling kelompok untuk pengembangan diri siswa: studi literatur. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13,(1).

Bahnan, A. (2022). Efektivitas layanan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa SMA: Systematic literature review. . Jurnal Pendidikan Nusantara, 2(2), 70–81. doi:https://doi.org/10.52796/jpnu.v2i2.51

Cahyono, A. M., & Rayhan, A. R. (2022). Studi pustaka: analisis gaya belajar menurut pengelompokan tes kepribadian myers briggs type indicator (mbti). Flourishing Journal, 2(2), 102-109.

Dani & Saputra,R. (2025). Penerapan sifat dasar manusia dalam spk dengan metode mbti sebagai acuan komunikasi kesan pertama. Journal Binary Digital Technology,7(3).

Habsy, B. A., Rahmah, M. A., Putri, C. K., & Arifuddin, T. W. (2024). Konsep dasar konseling kelompok menggunakan pendekatan realita. Jurnal Pendidikan Nonformal, 1(4), 1–12.

Habsy,B.A., Amali,A.N., Salsabila,D.M., Kartikasari,D.D. (2024). Eksplorasi layanan konseling kelompok dalam mengembangkan kreativitas siswa:Tinjauan literatur. Tsaqofah:Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 4(3).

Haryanti,M.W., & Margaretha,Y. (2024). Efektifitas penggunaan mbti sebagai tolak ukur Penerimaan karyawan. JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi),8(3).

Hayani, H. (2021). Penggunaan myers-briggs type indicator dalam layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karir peserta didik smk. Humanistik'45, 6(2), 131-145.

Imtiyaaz, A. S. (2024). Perkembangan Implementasi Psikometri MBTI: A Literatur Review (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Johari, H., Fadzil, Z., Zakaria, N., & Zahir, A. H. M. (2024). Aplikasi teori personaliti myers-briggs daripada persfektif islam. International Journal of Advanced Research in Education and Society, 6(3), 14-26.

Kartikasari, W. A., Neviyarni, N., & Netrawati. (2022). Problematika multikultural dalam pelaksanaan layanan konseling kelompok. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 7(1), 49–60.

Maulida, L. (2023). Konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring untuk mengurangi perilaku membolos siswa di sekolah menengah pertama (SMP). Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 3(7), 622–629.

Ningtiyas, A., & Wahyudi, W. (2020). Layanan konseling kelompok dalam upaya meningkatkan percaya diri peserta didik. IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education, 1(1), 13–16.

Ramdani,A. & Nuriyah,F.S. 2023. Pengaruh kepribadian terhadap interaksi sosialisasi. Syi’ar: Jurnal Ilmu Komunikasi, Penyuluan dan Bimbigan Masyarakat Islam, 6(1).

Sabarrudin., Silvianetri., & Nelisma,Y. (2022). Konseling kelompok untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam belajar: studi kepustakaan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4).

Santika,D.E., Sari,D.R., & Hidayati,S.N. (2025). Penerapan dinamika kelompok untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan sosial. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 7(1).

Setiawan, G. D. (2024). Kematangan keputusan karir melalui asesmen non kognitif “myers briggs type indicator”. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(3), 372-386.

Tarigan,D.Z., Nur’ani., & Surbakti, A. (2023). Pengaruh konseling kelompok dan kepribadian terhadap peningkatan perilaku prososial di SMA Negeri 11 Medan. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi,5(1).

Untari, T. (2021). Kesejahteraan subjektif pada tipe-tipe kecenderungan kepribadian mahasiswa bimbingan dan konseling. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 183-196.

Virly, N., Ega, D. A., & Muhid, A. (2023). Efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan rasa empati siswa: Literature review. Jurnal Psycho Aksara, 1(1), 32–36.

Wahyuningtyas, I., Ayu, L. F., Rafidah, N., & Auranisha, W. (2021). Pelayanan konseling kelompok dalam menangani kasus bullying. Counseling As-Syamil, 1(1), 34–47.

Wijaya, A., Novita, N., & Yulita, H. (2019). Mbti personality types for career development (smk santo lukas - jakarta). Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 3(2). https://doi.org/10.30813/jpk.v3i2.1864

Zubaidah, Z., Basit, A., Maryan, D., & Mutmainnah, K. A. (2024). Kegunaan instrumen tes dalam bimbingan dan konseling. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 3, 256-268.

Zubaidah, Z., Hatija, E. R., Husna, N., & Sariyati, S. (2024). Peran tes kepribadian mbti dalam proses konseling: meningkatkan pemahaman dan pengembangan diri individu. Menara Ilmu: Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah, 18(1).

Downloads

Published

2025-05-05

How to Cite

Nabila Dwi Putri, Zulfa Nurfadhilah Ardalia Putri, Noval Andra Alvido, Ajeng Diah Rahmawati, & Ratna Sari Dewi. (2025). Efektivitas Tes MBTI Terhadap Keberhasilan Proses Konseling Kelompok. GURUKU : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(2), 75–93. https://doi.org/10.59061/guruku.v3i2.976

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.