STRATEGI KOMPETITIF LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (STUDI KASUS SMP ISLAM KEPUNG)

Authors

  • Fina Miftahul Faizatil Ulya Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri

DOI:

https://doi.org/10.59061/masip.v1i2.222

Keywords:

Strategi Kompetitif, Lembaga Pendidikan, SMP Islam Kepung

Abstract

Penelitian ini akan membicarakan topik Manajemen Pendidikan Islam. Sedang temanya adalah Pemasaran dalam Lembaga Pendidikan Islam . sebagai studi kasus . penelitian ini focus mengeksplorasi Upaya Lembaga Pendidikan SMP Islam Kepung dalam membuat strategi Kompetitif sebagai respon terhadap Persaingan Lembaga Pendidikan pada tingkatan menengah pertama yang berada di wilayah Kepung Kediri . Kajian Ini akan memfokuskan diri pada Strategi Kompetitif Lembaga Pendidikan Islam di SMP Islam Kepung .Implementasi Strategi Kompetitif di Lembaga Pendidikan Islam SMP Islam Kepung . Sejumlah aspek yang berkontribusi pada Implementasi stategi kompetitif lembaga pendidikan Islam di SMP Islam Kepung . Pendekatan Penelitian ini adalah managemen Pendidikan Islam sedang jenis penelitiannya adalahah qualitatife field reseach. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan observasi dengan informan stakeholder sekolah. Terdiri dari kepala sekolah . lima dewan guru.  staf sekolah dan komite sekolah .  dianalisis melalui tiga komponen yang meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/ verivekasi Hasil penelitian menunjukkan Strategi yang dilakukan adalah  diferensiasi. yang  Implementasinya  tampak dalam tiga aspek yaitu, jaminan kualitas lulusan dan kurikulum yang dimodifikasi dengan menambahkan empat  materi keislaman

References

Assauri , S. (2013), Strategic Marketing: Sustaining Lifetime Customer Value, Rajawali Pers, Jakarta.

Augusty Ferdinand, (2006) Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Bogdan, R.C. dan Biklen. (1982), Riset Kualitatif untuk Pendidikan : Pengantar ke Teori dan Metode, tt., Trj. Munandir. , Pusat Antar Universitas Jakarta.

Craven, D. (1998) , Pemasaran Strategis Erlangga, Jakarta

Irianto, (2010) “Pemasaran Pendidikan” dalam Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Manajemen Pendidikan, Alfabeta Bandung

Kotler , P. (1989) , Manajemen Publikasi Analisis, Pe-rencanaan Dan Pengendalian, Jilid 1, Erlangga, Jakarta

Minarti, S. (2011), Menejemen Sekolah (Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri), Ar Ruzz Media, Yogyakarta

Mubarrok, H. (2010), Manajemen Strategi, STAIN Kudus, Kudus.

Sugiyono (2008), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung

Tim dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia (2011), Manajemen Pendidikan , Alfabeta, Bandung.

Umar, H. (2003) , Strategik Manajemen In Action, PT. Gramedia Pustakama

Walker, Boyd & Larreche (2000), Manajemen Publikasi; Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global , Erlangga, Jakarta

Downloads

Published

2023-07-06

How to Cite

Fina Miftahul Faizatil Ulya. (2023). STRATEGI KOMPETITIF LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (STUDI KASUS SMP ISLAM KEPUNG). Masip: Jurnal Manajemen Administrasi Bisnis Dan Publik Terapan, 1(2), 141–151. https://doi.org/10.59061/masip.v1i2.222

Similar Articles

<< < 1 2 3 

You may also start an advanced similarity search for this article.