Teknik Self-Management dalam Konseling Kelompok untuk Mengatasi Permasalahan Perilaku Siswa Sekolah Menengah

Authors

  • Denisa Septiani Universitas Sriwijaya
  • Juwita Madira Universitas Sriwijaya
  • Dea Kartika Utami Universitas Sriwijaya
  • Berlian Cahyani Universitas Sriwijaya
  • Ratna Sari Dewi Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.59061/guruku.v3i2.1004

Keywords:

Group Counseling, Self-management, Student Behavior

Abstract

This study aims to examine the effectiveness of self-management techniques in group counseling for secondary school students. The background of the research is based on the increasing behavioral problems among students, such as academic procrastination, gadget addiction, and low discipline, which hinder their academic and personal development. Self-management is considered an effective strategy to promote students’ independence in managing their behavior and emotions. The research used a library research method by analyzing relevant journals and scholarly articles published between 2017 and 2025. The findings indicate that self-management techniques in group counseling are effective in reducing negative behaviors, improving social skills, and strengthening students’ character and sense of responsibility. These results provide important implications for school counselors in designing systematic and practical services that support holistic student development.

References

Abdi, S., & Mafirja, S. (2019). Pelaksanaan konseling kelompok menggunakan teknik cognitive restructuring untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa SMA Dayah Inshafudin Banda Aceh. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 1(1), 46. http://journal.kurasinstitute.com/index.php/bocp

Agustin, L., & Sri Rahayu, M. (2017). Konseling kelompok berbasis teknik self-management tazkiyatun nafsî: Suatu intervensi psikologi dalam peningkatan self-direction in learning siswa. Jurnal Psikologi, 13, 1–12.

Arimbi. (2020). Konseling kelompok teknik self-management efektif meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X SMA. Original Article, 293(2), 293–299. https://doi.org/10.26539/teraputik.42442

Astuti, A. D., & Lestari, S. D. (2020). Teknik self management untuk mengurangi perilaku terlambat datang di sekolah. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 10(1), 54. https://doi.org/10.25273/counsellia.v10i1.6304

Barida, M., & Prasetiawan, H. (2018). Urgensi pengembangan model konseling kelompok teknik self management untuk meningkatkan kecerdasan moral siswa SMP. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 27. https://doi.org/10.26638/jfk.439.2099

Cormier, W. H., & Cormier, L. S. (1985). Interviewing strategies for helpers: Fundamental skill cognitive behavioral interventions. Brooks/Cole Publishing Company.

Dari Saka, A., & Wirastania, A. (2021). Efektivitas layanan konseling kelompok teknik self-management untuk mereduksi perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas X SMAN 15 Surabaya. Helper: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran, 38(2), 59–68.

Fatima Lisa, Y., Farid, A. M., & Artikel, D. (2021). Efektivitas teknik self-management dalam konseling kelompok melalui Google Meet untuk meningkatkan minat belajar siswa secara daring saat pandemi Covid-19 di SMA Dr. Soetomo Surabaya. Buana Pendidikan, 17(2), 93. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_buana_pendidikan/index

Fazillah, P., Fadhli, T., & Fitri, M. (2022). Efektivitas pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik self management untuk mengurangi kecanduan game online pada siswa SMA Negeri 1 Sakti. Educandumedia (Jurnal Pendidikan dan Kependidikan), 2(1).

Hanifaturrohmah, Z., & Widyarto, W. G. (2022). Pengaruh konseling kelompok dengan teknik self management untuk mengurangi perilaku konsumtif siswa kelas XI IPS SMAN 2 Trenggalek. Anterior Jurnal, 21(22), 101–113.

Kartika Purnaminingtyas, & Winingsih, E. (2020). Penerapan konseling kelompok self-management terhadap rendahnya perilaku sopan santun siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Papar. Jurnal Pendidikan dan Bimbingan, 1, 1–16.

Komalasari, G., Wahyuni, K., & Karsih. (2011). Teori dan teknik konseling. Universitas Negeri Jakarta Press.

Madidar, S. M., & Muhid, A. (2022). Literature review: Efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik self-management untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa. Guiding World (Bimbingan dan Konseling), 5(1), 19–26.

Maulida, S. N. (2023). Penerapan konseling kelompok dengan teknik self management terhadap perilaku konsumtif siswa SMA X Gresik. Edupsycouns Journal, 5, 181–187. https://doi.org/10.33487/edupsycouns.v5i2

Nur, A., Zakiyyah, C., & Muhid, A. (2024). Efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik self-management untuk mengurangi perilaku merokok siswa: Literature review. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(1), 1–10.

Nurul Fatimah, A., Sujayati, W., & Yuliani, W. (2019). Efektivitas teknik self-management untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa SMA. FOKUS, 2, 24–29.

Rizaldy, A. R., Upa, M. D. P., & Korohama, K. E. P. (2023). Efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik self-management untuk menurunkan perilaku membolos pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kupang. Jurnal Bimbingan Konseling Flobamora, 1(3). https://doi.org/10.35508/jbkf.v1i3.10782

Rizqi Vania, N., Supriatna, E., & Fatimah, S. (2019). Penerapan konseling kelompok dengan teknik self management dalam rangka pengelolaan stres akademik peserta didik kelas VIII SMP. FOKUS, 2, 250–264.

Safithry, E. A., & Anita, N. (2019). Konseling kelompok dengan teknik self management untuk menurunkan prasangka sosial peserta didik. Suluh: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2), 33–41. http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/suluh

Sarwono, S. (2006). Penelitian kepustakaan: Studi mengenai berbagai buku referensi dan hasil penelitian sebelumnya. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Vikyh Putera Amandha, & Sucipto, M. A. B. (2025). Efektivitas teknik self management untuk mereduksi kecanduan game Luxy Domino di SMK NU 1 Adiwerna. Empati: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 12(1), 122–134. https://doi.org/10.26877/empati.v12i1.20557

Widyana, R., & Yunika, N. (2021). Efektivitas pelatihan self-management untuk meningkatkan kedisiplinan siswa SMA N1 Sedayu. Jurnal Psikologi Pendidikan, 3(1), 2655–6936.

Zulvia Hanifaturrohmah, & Wikan Galuh Widyarto. (2022). Pengaruh konseling kelompok dengan teknik self management untuk mengurangi perilaku konsumtif siswa kelas XI IPS SMAN 2 Trenggalek. Anterior Jurnal. http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/anterior

Downloads

Published

2025-05-20

How to Cite

Denisa Septiani, Juwita Madira, Dea Kartika Utami, Berlian Cahyani, & Ratna Sari Dewi. (2025). Teknik Self-Management dalam Konseling Kelompok untuk Mengatasi Permasalahan Perilaku Siswa Sekolah Menengah. GURUKU : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(2), 266–275. https://doi.org/10.59061/guruku.v3i2.1004

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.